Panduan Lengkap Digital Marketing

Marketing tidak cukup dilakukan secara konvensional. Tahun 2021 ini, marketing harus secara digital dan tentu saja: online.

Digital marketing adalah upaya pemasaran dan/atau penjualan secara digital dan online di internet.

Meliputi apa saja digital marketing itu? Search engine, social media, content management, marketplace, dan lain sebagainya.

Mari bedah lebih dalam. Search engine ada SEO dan SEM. Social media ada yang free ada juga paid (fb ads, ig ads, twitter ads, dst). Marketplace ada tokopedia, shopee, blibli, bukalapak, dlsb. Btw, di marketplace juga ada SEO nya lho.

Managing content meliputi tapi tidak terbatas pada content planning (di antaranya adalah keyword research) dan content optimisation.

Apakah bisa dikerjakan sendiri? Jelas bisa. Karena kompetensi sebenarnya tidak sulit untuk dikuasai. Ilmunya tersebar di internet, pakarnya ada, kesempatan untuk mencoba dan mengeksplorasi juga sangat mungkin.

Tantangan belajar secara otodidak adalah ilmunya berkembang terus. Search engine, social media, marketplace semua mengembangkan diri terus menerus demi memberikan hasil dan user experience yang terbaik kepada para penggunanya. Jadi, kita wajib kuat mempelajari dan menerapkan satu atau bahkan semuanya.

Selain belajar secara otodidak, kita juga mungkin mengambil kursus. Kini semakin banyak penyedia kursusnya. Harganya pun semakin terjangkau.

Kursus Digital Marketing

Pasca kursus, kita harus tetap update dengan perkembangan ilmu. Cara paling mudah, murah, dan humanis adalah dengan bergabung dengan komunitas terdekat di kotamu.

BACA JUGA:  Jangan Fokus

Bisa jadi, tidak ada berupa satu komunitas untuk semua kelompok ilmu digital marketing. Tetapi sesuai dengan mediumnya. Misalnya, komunitas SEO, komunitas FB Ads, dst.

Digital Marketing Agency

Bagaimana jika tidak mampu belajar secara otodidak, terus juga gak pas bayar kursus, apakah ada pihak yang bersedia melakukannya? Ada, sebutannya adalah digital marketing agency.

Digital marketing agency adalah ahensi yang memberikan jasa digital marketing. Semakin ke sini, masing-masing agency berupaya fokus ke satu atau sedikit channel digital marketing serta berusaha memiliki positioning yang unik.

SEO

Lima kriteria produk/usaha yang cocok dipasarkan dengan teknik-teknik SEO.

Kunjungi halaman Bisnis Berbasis SEO.

Membuat Konten Marketing

Strategi Content Marketing penting dibuat supaya konten Anda koheren di seluruh medium digital marketing.

Copywriting adalah teknik penulisan (kata, kalimat, paragraf) untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli dari kita.

Kunjungi halaman Teknik Copywriting.

Belajar Copywriting juga penting banget. Sebab akan diimplementasikan di mana-mana: social media ( facebook, instagram, dll), e-commerce (tokopedia, shopee, dll), dan content writing.

Kunjungi halaman Belajar Copywriting.

Video marketing semakin marak. Penggunaannya juga di berbagai platform social media. Harus masuk dari sekarang supaya tidak ketinggalan.

Kunjungi halaman Video Marketing.

Marketing through Podcast

Sekarang podcast semakin lazim digunakan dalam digital marketing. Podcast adalah medium berbagi anxiety and desire (kegelisahan dan hasrat) yang bisa relate banget untuk pendengarnya. Dikemas dengan format wawancara, Podcast jadi mirip radio, tetapi lebih segmented dan feel-nya dapat banget.

BACA JUGA:  Menyikapi Informasi Penting Milik Pribadi

Kunjungi halaman Interview 101.

Mobile app terbanyak ke-2 yang diunduh selama 2019. Dan no.1 untuk Juli 2020. Sudah waktunya menimbang kapan mulai melakukan TikTok Marketing.

Kunjungi halaman TikTok Marketing.

Masih banyak yang asal-asalan dalam menggunakan hashtag. Di post kali ini, saya coba elaborasi bagaimana seharusnya hashtag digunakan untuk branding dan targeting.

Kunjungi Halaman Hashtag Instagram.

Apakah membuat infografis itu harus bisa (visual) desain? Sebenarnya tidak. Tapi harus paham information architecture.

Kunjungi halaman Cara Membuat Infografis

Memahami perbedaan content writing, copywriting, dan content strategy serta bagaimana mengaplikasikannya dalam aktifitas content writing.

Copywriter, Content Writer, dan Content Strategist

Kiat melaksanakan proofreading yang efektif. Agar naskah kita bebas typo dan kesalahan lainnya, serta enak dibaca oleh para pembaca.

Kunjungi Halaman Effective Proofreading

Studi Kasus

Teknik-teknik promosi produk kuliner secara daring yang tepat sasaran.

Kunjungi Halaman Promosi Produk Kuliner.

2 thoughts on “Panduan Lengkap Digital Marketing”

    1. Iya teh. Strategi si marketplace untuk memudahkan user mencari barang. Kalau user mudah ketemu, mereka akan betah di marketplace tersebut.

Leave a Reply