Promosi Online Produk Kuliner yang Efektif

Teknik-teknik promosi produk kuliner secara daring yang tepat sasaran.

Dalam 10 tahun terakhir, revolusi belanja (dan berjualan) terjadi secara signfikan. Bagaimana promosi dilakukan, cara pembayaran, hingga pengiriman produk. Revolusi digital ini melingkupi banyak sekali industri. Lebih khusus, adalah Usaha Mikro. Di mana, salah satunya adalah makanan alias produk kuliner.

Secara produk dan layanan, kuliner kita klasifikasikan menjadi restoran (termasuk warung makan atau gerobak), cemilan (snack), dan frozen food. Yang nomor tiga adalah kategori terbaru yang berada di tengah-tengah.

Yakni, produknya bisa bertahan 1-2 hari di suhu ruang (lebih lama daripada produk restoran), meskipun tidak sampai awet bertahun-tahun (lebih sebentar daripada cemilan). 

Cara Promosi 

Untuk membangun brand (branding), gunakan Instagram. Ini adalah antarmuka antara kita dengan customer. Namanya main instagram (IG), harus aktif rilis post dan story, juga berkomentar di akun IG yang lain. Ini adalah cara organik (non iklan) untuk membangun followers dan engagement

promosi online
Ini adalah produk kami. Open Reseller. Pengiriman dari Surabaya atau Bandung. IG: https://www.instagram.com/zawasiomay/?hl=en WhatsApp 0812.3489.5278.

IG tidak berdiri sendirian. Didukung oleh Facebook Fan Page dan WhatsApp. Kalau IG sebagai front-end, maka Fan Page sebagai back-end. Fan Page kita perlukan, salah satunya bila sudah waktunya menggunakan iklan. Iklannya diatur di Fan Page, distribusi iklannya bisa ke facebook maupun IG. 

Lalu, WhatsApp (WA) sebagai titik terjadinya penjualan. Jadi, segala following dan engagement, harus berakhir ke WA. Pemegang WA berperan sebagai Customer Service (CS) yang melayani segala pertanyaan, pemesanan (order), dan pembayaran. FYI, WhatsApp bisa menyasar segala umur. Sementara, aplikasi LINE untuk menyasar segmen yang lebih muda. 

BACA JUGA:  Review SewaKamar.id Solusi Sewa Property

Cara Pembayaran

Sejak cara pembayaran dimudahkan dengan kemudahan transfer via mobile banking app, atau alat pembayaran semacam Shopee Pay, GoPay, OVO, Jenius, dan sejenisnya, transaksi online semakin mudah. Umumnya, calon pembeli diminta transfer dahulu, baru produk dikirim kemudian.  

Kapan pembayaran dilakukan, berubah 180 derajat sejak transaksi online dimungkinkan. Sebelum sekarang, pembayaran dilakukan di kasir, kemudian barang diserah-terimakan. Sekarang, pembeli bahkan membayar dahulu baru mendapatkan produk. 

Termasuk ketika berbelanja di e-commerce semacam Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan sebagainya. Mereka ini bisa menjembatani pembeli dan penjual. Sebagaimana kita tahu, pembeli tidak ingin bayar duluan tapi tidak mendapat barang (alias kena tipu). Penjual pun tidak ingin sudah mengirim produk, tapi sulit melakukan penagihan. 

Begitu pentingnya membayar lebih dulu, hingga beberapa rekan pembeli saya pun beranggapan bahwa, “Belum halal dimakan kalau belum dibayar duluan”. 

Btw, ada trik-trik marketing agar produk kita tampil di halaman pertama mesin pencarinya marketplace. Sebutannya SEO Marketplace. Mudah-mudahan ada waktu untuk kita ulas di artikel yang lain, ya. 

Cara Pengiriman 

JNE sebagai pemain nomor satu di industri kurir (logistik ritel) memang berdiri 30 tahun lalu. Sebagai pemain yang infrastruktur jaringannya paling siap ketika online shopping mulai jamak dilakukan sepuluh tahun lalu, maka semakin masif transaksi di industri logistik ritel. 

Kurir semacam JNE yang mampu mengirim produk secara ritel hingga berhari-hari akan optimal untuk jenis camilan dan minuman bubuk (salah satunya kopi). Frozen food yang harus diterima customer esok hari, bisa menggunakan fitur “sehari sampai”. Nah, selain dari penyedia jasa yang sudah eksis, ada pula pemain baru dengan brand Paxel yang fokus di logistik frozen food. 

BACA JUGA:  Awas, Ada Guru Gadungan!

Kekuatan Paxel adalah keberanian merek tersebut untuk berinvestasi mesin pendingin (kulkas) di hub-hub maupun di truk-truk mereka. 

Promosi Online 

Di atas sudah dijelaskan ya apa peran dari masing-masing akun IG, Fan Page, dan WA. Terus apalagi yang dibutuhkan? Yaitu aplikasi Google My Business untuk usaha kuliner berbasis tempat (restoran, warung makan, rombong, dll). 

Ada tiga hal yang wajib dilakukan: (1) membuat titik lokasi di Google Maps, (2) merilis foto-foto tempat, menu, dan produk makanan-minuman. Ketiga adalah menghimpun bintang dan ulasan (review) sebanyak-banyaknya. Gunakan promo diskon untuk memancing pembeli memberikan bintang dan ulasan.

Buat Penawaran 

Penawaran bukan berarti foto doank. Tapi gambar dikombinasikan dengan tulisan (copywriting). Supaya lebih powerful, keduanya dipertemukan dengan momentum yang tepat. Misalnya hari besar tertentu, atau kampanye lain yang masif dikerjakan (misalnya HARBOLNAS, hari belanja online nasional).

Supaya lebih maksimal lagi, penawaran mesti memuat promo tertentu berupa diskon, bundling, cashback, dan sebagainya. Terakhir adalah, digencarkan dengan iklan. Namanya kuliner, paling utama ya di Instagram, level berikutnya di Facebook.

Pemodelannnya kira-kira berikut ini.

promosi online

Photo Shooting

Untuk produk kuliner UMKM, tidak wajib menggunakan jasa food photographer profesional. Demi menekan biaya, kita bisa membuat dan menggunakan photo box mini sendiri. Sebuah kotak (box) kecil dengan dua sinar lampu. Mengapa dua sinar lampu? Untuk meniadakan bayangan produk dari kedua sisi. 

BACA JUGA:  Review SewaKamar.id Solusi Sewa Property

Kalau ribet produksi sendiri, bisa cari di marketplace dengan kata kunci tersebut. Hehehe. 

Photo Editing 

Berikut adalah beberapa contoh Photo Editor di smartphone antara lain: PicsArt, Snapseed, Canva, Adobe Photoshop Lightroom, Photo Lab, Pixlr, dan lain-lain. Di lingkaran saya, paling banyak menggunakan aplikasi Canva. Baik di smartphone maupun di PC. 

Dua fitur paling sering digunakan dari aplikasi penyunting foto adalah contrast dan brightness. Tujuannya adalah supaya fokus utama kepada produk itu sendiri. 

Copywriting 

Silakan langsung saja ke artikel teknik copywriting saya. 


Demikian sedikit sharing saya mengenai Promosi Online Produk Kuliner yang Efektif. Semoga eksekusinya mudah dan berjalan lancar.

Btw, artikel ini diinspirasi oleh: Media Promosi Online Efektif dengan Foto Produk UKM Keren

Leave a Reply