WhatsApp Business API

Apakah kamu mengenali pesan di bawah ini?

Ketika sebuah nomor baru mengirim chat whatsapp ke kita, maka kita akan mendapat pesan tersebut. Kita bisa membalas dengan ‘OK’ atau ‘Block’.

OK berarti kita mengenal si pengirim dan kita mau berinteraksi dengan kontak tersebut.

Block artinya kita tidak mengenali siapa yang mengirim pesan tersebut dan menghendaki agar tidak mendapat pesan apapun dari pengirim tersebut. Dengan kata lain, pesannya adalah spam dan pengirimnya disebut spammer.

Cegah Spamming

Apabila perusahaan WhatsApp -yaitu Meta-menerima BANYAK laporan block terhadap suatu nomor, maka mereka benar-benar bisa MELARANG nomor tersebut untuk digunakan sebagai nomor WhatsApp. Jadi mau beli nomor recycle berapa kali pun, kalau memang sudah terlarang maka cepat atau lambat akan di-banned juga.

Nah agar bisa mengirim pesan one-to-many tanpa spamming, Meta merilis WhatsApp Business API yang bisa kita singkat WABA.

WABA-nya sendiri gratis tetapi pesannya dikenakan biaya per session (sesi) yang dikenal sebagai conversation-based pricing model -harga berbasis percakapan. Percakapan WhatsApp mencakup semua pesan yang dipertukarkan antara bisnis Anda dan kontak customer dalam jendela percakapan sepanjang 24 jam sejak pesan diterima/dikirim, berapa pun jumlah pesan yang dipertukarkan.

Apa Itu API

Application Programming Interface atau lazim disebut API adalah layanan digital dari suatu aplikasi digital supaya aplikasinya dapat terhubung dengan aplikasi lain -melalui suatu antarmuka- sehingga bisa digunakan oleh lebih banyak orang tanpa membuka celah keamanan sama sekali.

Jadi, Meta memberikan akses kepada pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi tersendiri yang dapat terhubung lewat WABA untuk dapat memberikan layanan broadcasting tanpa spam.

Pihak Ketiga di Indonesia yang Menyediakan Layanan WABA

FYI, WABA hanyalah salah satu aplikasi di antara beberapa layanan yang mereka tawarkan. Jadi memang para pihak ketiga ini menambahkan WABA untuk memperkuat portfolio layanan mereka. Berikut beberapa brand pihak ketiga tersebut:

Qiscus

WABA hanyalah salah satu layanan dari Qiscus. Di mereka, ada juga omnichannel chat, chatbot, call center, CRM, dll. Sejauh saya perhatikan dan membandingkan satu sama lain, chatbot dan CRM adalah dua yang paling umum/generik.

Qontak dari Mekari

Namanya WA Blast dari Mekari Qontak. Dengan WA Blast, kamu bisa mempersonalisasi pesan berdasar database kontak kamu. Ini akan sangat menarik jika kontak yang kamu miliki tidak hanya berisi nomor telepon saja, tetapi juga misalnya nama. Jadi pesan bisa dipersonalisasi dengan kode sederhana seperti <<no telepon>> dan <<nama>>.

Barantum

Selain WA Blast, Barantum juga ada call center, chat, dan CRM. Barantum menawarkan fitur unik “Banyak Admin secara Bersamaan” serta “Laporan Lengkap dan Analitik”.

Sleekflow

Yang unik dari Sleekflow adalah adanya “flow builder” untuk mengatur alur percakapan serta “katalog produk/service dan link pembayaran di dalam chat”. Tujuannya agar tidak memboroskan sumber daya untuk berputar-putar chatting mengenai produk dan pembayaran. Sehingga user bisa mengikuti flow percakapan dengan efisien dan segera bisa closing penjualan.

Watzap

Fitur yang saya belum yakin ada di vendor lain:

  • Custom Domain – Custom Logo.
  • Smart “Perfect Timing” Broadcasting yang akan mengirimkan pesan bisnis kamu secara otomatis pada waktu dan jam terbaik -untuk diterima oleh kontak.
  • Multiple User WhatsApp Web – satu akses WhatsApp Web yang bisa digunakan oleh banyak CS Anda
  • Facebook Pixel dan GTM Tracking

Quiros

Layanan WA Blast tersebut diberi nama WhatsApp Campaign.

Kouventa dari Helios

Sejauh saya mengerti, yang unik adalah OTP Authentication. Dengan fitur OTP Authentication yang terintegrasi dalam platform, bisnis dapat meningkatkan keamanan dan menjaga privasi pelanggan mereka secara lebih baik.

Mungkin di antara teman-teman pembaca ada yang wondering, “Daripada membayar langganan WABA, kenapa tidak pakai WA Business biasa saja?”

Beda WA Business dengan WhatsApp Business API (WABA)

Hanya akun WhatsApp Business API resmi yang dapat diverifikasi. Jadi, centang hijau akan tampil di sebelah nama bisnis Anda di WhatsApp. Hal ini menunjukkan otoritas bisnis kamu, meningkatkan kepercayaan kontak kepada brand kamu, serta mencegah akun bisnis kamu diblokir. Akun WhatsApp Business API akan mendapatkan akses ke fitur tambahan seperti pesan interaktif WhatsApp, tombol chat, katalog produk, pembayaran dalam chat, dan banyak lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.