Pengalaman Mendaftar Haji Tahun 2020 di Bandung

Proses pendaftaran haji tidak ribet. Cukup siapkan dana Rp25 juta per calon jamaah untuk tabungan haji dan beberapa dokumen saja. Lengkapnya ada di artikel berikut ini.

Ayah dan Ibu saya naik haji di usia sekitar 37 dan 35 tahun. Sementara saya dan istri, in shaa Allah akan berangkat di usia hampir 50 tahun. Tidak heran karena semakin tahun, pendaftar haji semakin banyak. Sementara kuotanya hanya sekitar 1% dari jumlah penduduk setiap negara.

Pendaftaran haji itu berarti kita mendaftar untuk mendapat kursi. Nah, kursi ini bisa didapat dengan memiliki tabungan haji senilai Rp25juta/nasabah. Jadi, harus membuat tabungan haji dulu, lalu diisi hingga tercapai nominal tersebut.

Saya dan istri membuka tabungan haji di Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Dago, Bandung. Kebetulan bank tersebut sudah merger dengan bank-bank syariah negara lainnya dan berganti nama menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Syarat di Bank

  1. KTP dan NPWP (bagi yang memiliki).
  2. Setoran awal buka rekening Tabungan Mabrur sebesar Rp100.000.
  3. Setoran awal BPIH sebesar Rp25.000.000.
  4. Meterai Rp10.000 sebanyak 3 lembar.
  5. Pas foto haji dengan latar belakang putih (ukuran 3×4 6 lembar dan ukuran 4×6 3 lembar).

Ketentuan Pas Foto untuk Pendaftaran Haji

Pas foto untuk haji ternyata sedikit berbeda dari pas foto biasa. Dari lembar info yang dikasih BSI, ketentuan pas foto untuk haji yaitu:

  • Warna baju/kerudung harus kontras dengan latar belakang.
  • Tidak memakai pakaian dinas.
  • Tidak menggunakan kacamata.
  • Tampak wajah minimal 80%.
  • Bagi jamaah haji wanita menggunakan busana muslim.
BACA JUGA:  Work From Home, dari Terpaksa menjadi Biasa

Memiliki Tabungan Haji

Setidaknya, ada dua keuntungan dengan memiliki tabungan haji:

Dari bank, selanjutnya kita akan mendaftar di Kemenag dengan membawa dokumen-dokumen berikut yang diberikan oleh pihak bank:

  1. Surat Kuasa/Wakalah, isinya pemberian kuasa dari kita kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk mengelola seluruh dana BPIH yang kita setorkan.
  2. Surat Pernyataan Calon Jamaah Haji, isinya pernyataan bahwa sudah memenuhi persyaratan haji, dkk.
  3. Tanda Bukti Setoran Awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, isinya bukti bahwa bank sudah menerima setoran kita, dan di situ juga tertera nomor validasi.

Pendaftaran di Kemenag Kota Bandung

Di Kemenag Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No.498, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40212.

  • Berusia minimal 12 tahun pada saat mendaftar.
  • KTP yang masih berlaku sesuai domisili.
  • Kartu Keluarga.
  • Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir atau Kutipan Akta Nikah atau Ijazah (salah satu).
  • Buku Tabungan Mabrur atas nama jamaah yang bersangkutan.
  • Nomor Validasi Pembayaran Setoran Awal BPIH.
BACA JUGA:  Jumlah Sembilan

Seingat saya, ada kekurangan dalam jumlah pas foto. Jadilah di salah satu kios di Kemenag tersebut, yaitu kios untuk print dan fotocopy, saya cetak beberapa lembar pas foto lagi.

Kios satu lagi adalah warung makan, hehe. Kami makan soto di sana. Hahaha.

Biaya Naik Haji

Uang Rp25juta yang menjadi syarat, bukanlah nilai akhir Ongkos Naik Haji (ONH) yang berbeda-beda di tiap embarkasi. Embarkasi adalah istilah untuk pelatihan bagi calon jamaah haji yang sekaligus menjadi titik keberangkatan/penerbangan dari Indonesia.

Kota Bandung, sepertinya akan berangkat dari Jakarta (Rp34.772.602,-) untuk tahun 2021. Jadi kekurangan inilah yang harus dilunasi menjelang keberangkatan ke tanah suci.

Beberapa Catatan:

  • Ada perasaan menyesal karena baru mendaftar haji. Antara 17-19 tahun kami harus menunggu. Tapi ya memang sudah begitulah jalan ceritanya. Karena menikah dulu baru memutuskan daftar haji, ‘kan. Haha. Gak seru kali ya kalau masih single sudah mendaftar haji
  • Karena haji bersifat “wajib bagi yang mampu” dan antrean haji itu panjang serta lama, maka saya sarankan daftar haji dulu saja. Nanti kalau ada rezeki, baru berangkat Umroh. Kisaran Rp30 juta bisa dapat akomodasi yang cukup. Yes, nilai segitu relatif mirip lha ya sama minimal isi tabungan untuk mendapat porsi haji.
  • Semua proses pendaftaran di bank dan kemenag sebenarnya bisa selesai dalam satu hari. Namun, saya kemarin bolak-balik ke bank. Karena miskomunikasi perihal pasfoto yang 80% berisi wajah tersebut.
BACA JUGA:  Menyoal Bunuh Diri di Kalangan Muda

Demikian singkat cerita saya tentang mendaftar haji di Kota Bandung. Barangkali ada pertanyaan atau tanggapan, silakan berbagi di kolom komentar ya.

One thought on “Pengalaman Mendaftar Haji Tahun 2020 di Bandung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.