Pengalaman Belanja Online di IKEA

Pada pembelian pertama, kami belum paham untuk memesan layanan perakitan sekaligus. Namun secara umum, belanja online di IKEA sangat memuaskan.

Apakah bisa belanja online di IKEA? Tentu saja bisa. Baik dari laman ikea.co.id atau aplikasi mobile IKEA. Kami belanja dari aplikasi mobile.

Produk-produk tersebut berasal dari toko/outlet fisik milik IKEA. Toko paling utama di Alam Sutera. Kami biasa berbelanja di IKEA KBP. Selain itu ada toko-toko lain milik IKEA di Sentul, Bali, Jakarta, dan Taman Anggrek. Selengkapnya bisa dilihat di lokasi toko IKEA.

Ada juga yang disebut IKEA Pick-up Point. Ini adalah fasilitas yang disediakan IKEA bagi para pelanggannya yang berbelanja secara online untuk mengambil pesanan tanpa dikenakan biaya pengiriman (Kontan, 2020).

Siapa yang mengirim dan menginstal? Sebenarnya yang melakukan pengiriman dan instalasi bukan dari pihak IKEA sendiri, melainkan pihak ketiga. Tentu saja ada biaya pengiriman dan perakitan yang terpisah dari biaya produk itu sendiri. Pengiriman IKEA tidak hanya di kota-kota sekitar toko-toko IKEA yang sudah disebut di atas, tetapi memang ada jasa pengiriman IKEA ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Tips Memilih Kasur.

Apakah kita bisa merakit atau menginstal sendiri? Bisa. Kami pernah merakit sendiri produk IKEA, yaitu tempat tidur susun tuffing. Ketika itu, kami membayar harga produk berikut dengan biaya pengiriman saja; tidak ada biaya perakitan. Belanjaan kami yang dirakitkan adalah lemari pakaian musken art. Yang simpel tidak membutuhkan perakitan adalah rak trofast dan laci lennart.

BACA JUGA:  Menjaga Kesehatan Digital

Soal pengantaran dan perakitan, ada hitungan tersendiri berdasar berat produk dan jarak pengiriman. Lengkapnya bisa dilihat di halaman layanan pengantaran. Namun ada minimal total biaya sebesar Rp200.000,-.

Berapa lama pengiriman IKEA? Ketika itu, kami di Kota Bandung menerima barang hanya dalam 2-3 hari saja. Produk tersebut dikirim dari IKEA Kota Baru Parahyangan (KBP).

Karena melayani belanja online IKEA diikuti dengan delivery barang fisik, bisa dikatakan IKEA termasuk e-commerce. IKEA sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang furniture atau perabot rumah tangga yang berasal dari dan berkantor pusat di Swedia. Yang dijual di IKEA, antara lain adalah kabinet modular, unit kabinet, lemari pajangan, meja TV, karpet, keset dan berbagai aksesoris, keranjang dan kotak penyimpanan, dan lain sebagainya.

Apakah produk yang dibeli di IKEA bisa dikembalikan? Toko IKEA menawarkan kebijakan pengembalian barang dalam jangka waktu 90 hari. Mintalah bantuan di toko Anda membeli atau lihat katalog Anda untuk keterangan lebih jelas. Sertakan juga bukti pembelian dan kemasan aslinya (FAQ).

Punya pengalaman tertentu selama belanja furniture, khususnya secara online? Boleh dibagikan di kolom komentar ya 😊


Kalau kamu merasa tulisan ini ada manfatnya, silakan berpartisipasi lewat donasi via NihBuatJajan.com ya. Donasi dari kamu akan memberikan semangat untuk terus menulis artikel yang berguna bagi pembaca.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    • Iya bagus. Apalagi kalo seleranya skandinavian gitu ya. Ini memang ciri khasnya dan berbeda dengan ACE hardware atau Informa.