Jasa Gudang Online Membantu Ekspansi Usaha Anda

Bisnis baru yang lahir pasca bermekarannya e-commerce ini sedang naik daun. Gudang ini mendekati customers sehingga menurunkan biaya perusahaan. Dan mempercept sampainya barang di tangan customer.

Mari bercerita soal jasa pergudangan yang sedang naik daun: Gudang Online.

Jasa ini muncul seiring dengan pertumbuhan toko online. Yang tadinya bertempat di rumah atau berawal di kamar kost, kini semakin membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan barang. Mengikuti intensitas transaksi yang semakin tinggi.

Sekadar ilustrasi. Anda menjual kopi khas Lampung dari Bandar Lampung (BL). Rata-rata transaksi untuk Jabodetabek saja, katakanlah 100 transaksi per hari. Jadi ada 100 order, 100 pengemasan, dan 100 pengiriman dari BL ke DKI setiap harinya. Nah, ada celah untuk melakukan efisiensi di sini. Mengapa tidak kirim saja 100 paket ke DKI dalam satu kali pengiriman? Nanti ada aktifitas pengemasan dan pengiriman ritel ke customer. Celah inilah yang dilayani oleh jasa gudang online.

Selain kebutuhan ruang yang semakin meninggi, ada risiko juga yang terpapar pada produk yang dikonsentrasikan di gudang sendiri, seperti: banjir, kebakaran, pencurian, dan sebagainya.

Untuk setiap transaksi, aktifitas yang diberikan antara lain: mengambil produk dari rak, mengemas, dan mengirimnya. Aktifitas pengiriman memiliki ongkos sendiri yang bervariasi berdasar tujuannya. Sebab itu, pengiriman sebenarnya dapat dipisahkan dari penyimpanan dan pengemasan.

Namun, pengiriman ini sangat mungkin dikerja-samakan secara eksklusif dengan perusahaan kurir. Pengiriman jarak dekat atau same day bisa dengan GoSend/GrabExpress, pengiriman antar kota bisa dengan jasa kurir macam JNE, JNT, SiCepat, Wahana, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Memilih Olahraga yang Tepat
Gudang Online
Ilustrasi gudang online. Gambar dari crewdible.com

Masalah Pergudangan

Masalah yang diselesaikan dengan bekerja sama dengan sebuah gudang online:

  • Meringkas proses bisnis, salah satunya dengan mengkonsolidasikan pesanan (order) dari beberapa marketplace sekaligus.
  • Menghindarkan dari risiko banjir, kebakaran, dan pencurian.
  • Ruang terbatas; karena masih menyewa kamar kos atau rumah kontrakan. Atau masih di rumah sendiri yang belum memiliki gudang penyimpanan produk.

Solusi Gudang Online

Tujuan bisnis yang terakomodasi dengan keberadaan gudang online:

  • Perluasan cabang toko atau wilayah pasar yang ditargetkan. Dalam ilustrasi kasus di atas, mendekatkan diri via pergudangan online di Jabodetabek berarti memperluas pasar target.
  • Cocok untuk yang masih sibuk bekerja sebagai karyawan di perusahaan lain, karena toko daring milik sendiri belum terurus dengan baik
  • Lokasi milik sendiri belum strategis; jauh dari pusat kota. Konsentrasi pembeli ada di DKI, Pulau Jawa, lalu luar Jawa.

Kelebihan bekerja sama dengan gudang online:

  • Pembayaran bisa Pay per use. Bayar hanya sebanyak space yang digunakan. Atau bayar per barang yang dikemas dan dikirim. Di luar ongkos kirim.
  • Secara total, ongkos kirim akan menurun. Ini meringankan konsumen untuk mengulangi pembelanjaan.
  • Biaya tersebut sudah termasuk premi asuransi yang dikeluarkan oleh Gudang Online.
  • Gudang Online dengan aplikasi WMS sangat mungkin membantu Anda mengklasifikasikan produk slow/fast moving. Sekaligus menerapkan prinsip First In First Out (FIFO).
BACA JUGA:  Lima Kesalahan Pebisnis Kafe yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membuka Kafe Baru

Contoh Merek: Haistar

Brand Haistar sudah tersedia di kota Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. FYI, pembelian ritel masih didominasi oleh pulau Jawa. Sekadar pengingat, sekitar 56% penduduk Indonesia bertempat tinggal di Pulau Jawa.

Rupanya merek ini tidak hanya menyediakan layanan gudang dan manajemen pengiriman, tetapi juga pengelolaan penjualan (unggah produk, balas chat, dan ada juga pengelolaan toko online).

Aplikasi digital yang menjadi dasar pengelolaan gudang online termasuk ke dalam kategori Warehouse Management System (WMS). Namun, ada juga pemain lain yang memberikan layanan Order Management System (OMS) dan Transport Management System (TMS) juga.

Berikut adalah pemain-pemain lain dalam industri pergudangan online: Storaza, Keeppack, Crewdible, Lodi, Stockhauz, Pakde, dan lain sebagainya.


Masih mempertimbangkan untuk menggunakan jasa gudang online? Coba bagikan kekhawatiran kamu di kolom komentar, ya.

Baca juga tulisan lain saya soal BISNIS DARING.

Leave a Reply