Review TMRW, Sebuah Neobank dari UOB

Review produk neobank atau digital banking yang saya gunakan. Plusnya adalah transaksi dalam genggaman. Minusnya di sisi user experience.

TMRW –sebagian di antara kita membacanya sebagai “tomorrow”– adalah produk perbankan digital (digital banking, yang belakangan ini sering disebut “neobank”) dari UOB.

Untuk kategori neobank, saat ini sudah ada Jenius dari BTPN, DigiBank dari DBS, Bank Jago, Blu by BCA Digital, Livin’ dari Mandiri. Mudah-mudahan bisa kita bahas kapan-kapan ya. Saat ini saya bahas yang saya gunakan saja, hehe. Kebetulan saya menggunakan ini karena diwajibkan oleh kantor sebagai bank untuk transfer gaji.

Baca Juga: Jenis Pekerjaan di Industri Perbankan.

Bisa dikatakan, neobank ini merupakan inovasi dari produk-produk perbankan sebelumnya. Di mana, neobank zaman now merupakan kombinasi dari tabungan (baik tabungan biasa maupun tabungan rencana) dan pinjaman (termasuk kartu kredit).

Mengapa inovasi? Karena sebelum era neobank, proses bagi nasabah untuk menggunakan produk perbankan itu rumit di sisi bank karena melibatkan approval dari sisi nasabah (ya donk, kan jualan tidak boleh memaksa). Jadi setiap registrasi untuk produk baru, harus dilakukan dari awal lagi, meskipun yang bersangkutan sudah menjadi nasabah produk tabungan, ya.

TMRW UOB adalah solusi neobank dari PT Bank UOB Indonesia yang berbasis mobile untuk generasi digital berisi tabungan, kartu debit, dan kartu kredit (Credit Card, CC) sehingga generasi digital dapat lebih bebas dan fleksibel dalam memanfaatkan solusi keuangan, baik untuk simpanan maupun pinjaman. Untuk CC, sifatnya pilihan. Jadi boleh memilih ada atau tidak ada. Saya menggunakan yang tanpa CC.

Fitur-Fitur TMRW

Produk tabungan TMRW bernama “TMRW Everyday Account” alias untuk transaksi sehari-hari. Sementara untuk simpanan masa depan ada “TMRW Savings Account“. Untuk mendorong nasabah menjadi lebih rajin menabung, Savings Account ini diberikan gamifikasi bernama “City of TMRW“. Suatu permainan yang memampukan nasabah untuk membangun kota secara virtual, seiring dengan bertambahnya dana di saving account tersebut.

Yang peruntukannya lebih spesial lagi adalah “TMRW Power Saver” sebagai tabungan rencana (mewujudkan suatu rencana tertentu di masa depan). Bisa dikatakan dalam satu solusi neobank dari TMRW ada beberapa produk sekaligus yang bisa digunakan. Sebenarnya ini sangat umum sih, untuk kategori neobank.

Kelebihan TMRW

Kelebihan TMRW UOB yang saya suka saat ini adalah masih gratis biaya admin dan biaya transfer. Hehehe. Mungkin karena masih “bakar uang” dalam rangka mendapat nasabah baru, ya. Kalau bukan karena dipaksa oleh kantor, saya mungkin tidak akan memakai neobank, hehe.

Fitur kartu kredit bisa dipilih untuk dipakai atau tidak. Jadi jenis TMRW-nya ada yang berkartu kredit (Credit Card, CC) dan ada yang tidak. Saya menggunakan yang tanpa CC.

TMRW juga bisa untuk top up (misalnya e-money) dan membayar berbagai tagihan. Sesuai dengan tangkapan di layar smartphone saya, berikut ini adalah beberapa pembayaran yang bisa dilakukan langsung dari TMRW.

Smart Insight

Smart Insights dari TMRW membantu melacak pemasukan, pengeluaran, dan memberikan saran berdasarkan pola transaksi si nasabah bersangkutan supaya bisa mengatur keuangan dengan lebih baik lagi. Ini fitur penting banget rupanya, khususnya bagi bangsa kita yang relatif financial illiterate alias belum melek keuangan. No wonder banyak terjadi kasus penipuan investasi kan ya.

Sistem ini berbasis AI (artificial intelligence) yang melatih diri berdasarkan data-data pemasukan dan pengeluaran nasabah, baik besaran maupun tujuannya, guna memberikan saran yang lebih tepat dan customized kepada nasabah yang bersangkutan.

Registrasi dan Approval

Proses approval di TMRW di antaranya adalah telepon langsung oleh customer service (CS) guna mengecek kesesuaian identitas yang diregistrasikan dengan calon nasabah secara fisik. Sehingga calon nasabah tidak perlu ke kantor cabang dan mengisi formulir hardcopy dan semua proses pembukaan neobanking yang baru ini bisa tuntas tas dalam hitungan menit.

Video Verifikasi akan dilakukan dalam proses buka rekening TMRW, yaitu: konfirmasi data diri melalui live chat dengan TMRW Agent, lalu verifikasi diri dengan menunjukkan e-KTP dan wajah saat video verifikasi.

Semua serba online, alias tidak perlu tatap muka secara fisik – meskipun bisa dilakukan di kantor cabang sesuai kebutuhan nasabah- maka kartu debit/kredit pun bisa diterima di rumah/kantor.

Tentu saja, aplikasi digital TMRW dapat diunduh di Google PlayStore dan iOS.

Bisa disimpulkan, TMRW adalah pilihan yang cocok untuk mereka yang ingin biaya gratis tanpa minimum saldo dan punya kartu kredit

Kalau kamu merasa tulisan ini ada manfatnya, silakan berpartisipasi lewat donasi via NihBuatJajan.com ya. Donasi dari kamu akan memberikan semangat untuk terus menulis artikel yang berguna bagi pembaca.

Inspirasi: Duwitmu, 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Verified by MonsterInsights