Pekerjaan di Dealer Mobil

Artikel ini memuat posisi pekerjaan di dealer (showroom) mobil, berikut dengan deskripsi, peran, dan fungsi keberadaan posisi tersebut.

Ada beberapa hasil pencarian di google yang mengarahkan ke blog saya ini, namun belum terpuaskan jawabannya.

Keywords nya adalah:

  • bagian kerja di dealer
  • jabatan kerja di dealer
  • bagian-bagian kerja di dealer mobil
  • bagian-bagian kerja di dealer
  • posisi pekerjaan yang ada di dealer mobil
  • fungsi marketing support di dealer
  • posisi kerja di dealer motor

Saya coba mencari tahu jawabannya dan menuliskan secara rapi kepada teman-teman pembaca, ya ūüôā

Semua keywords tersebut pada intinya mencari pekerjaan pekerjaan di dealer mobil.

Namun sebelum itu, perlu kita ketahui bahwa ada beberapa kategori dealer dan service center. Ada kategori 2S (Service and Sparepart), ada pula kategori 3S (Sales, Service and Sparepart). Segmentasi ini selain merepresentasikan fungsinya, juga mendeskripsikan pelanggan-pelangan yang ditargetnya. Terima kasih kepada Dede Hambali yang memberikan insight ini. Saya beri warna merah sebagai tanda bahwa bagian ini ditambahkan belakangan (22/04/2020).

Bahkan layanan 2S/3S sudah tidak zaman lagi. Setahun lalu, Yamaha merilis dealer 5S sekaligus! Sales, Service, Sparepart, Safety and Standby.

pekerjaan di dealer mobil

Pekerjaan di dealer mobil yang pertama akan kita bahas adalah sang penjaja (salesman).

Salesman

Pastinya adalah Salesman. Tentu fokus utama salesman adalah menutup penjualan (closing). Pasti ada target yang terukur. Misalnya, kurang lebih tahun 2008 saya mendengar bahwa salesman sepeda motor di Dealer Honda Jalan Merdeka Kota Bandung, setidaknya harus menjual satu unit sepeda motor per pekan. Itu adalah target minimal mereka.

Ada yang pernah menjadi salesman mobil BMW, kehilangan pekerjaannya kurang lebih setelah 6 bulan bekerja. Setahu saya, beliau setidaknya tiga bulan berturut-turut gagal mencapai target.

Sebuah dealer mobil di Jalan Pasteur Kota Bandung, boleh menjual hingga ke seluruh wilayah Jawa Barat demi memenuhi target penjualannya.

Posisi-posisi salesman ini ada gaji tetapnya. Tetapi tidak terlalu besar. Take home pay (THP)-nya lebih didominasi oleh bonus penjualan. Bonus bisa per tiga bulan; bisa juga per tahun. Tunjangan juga ada. Pastinya Tunjangan Hari Raya, THR.

Ada kalanya dealer membuat atau mengikuti pameran mobil. Sulit untuk mengejar penjualan di event seperti ini. Target paling realistis adalah mengumpulkan database calon pembeli sebanyak-banyaknya.

Saya pribadi, ketika menjaga toko milik keluarga, juga pernah dihampiri oleh salesman. Targetnya beliau sama: mendapat nama dan nomor telepon saya selaku calon pembeli mobil.

Nah, database calon pembeli ini adalah “asset” yang bisa dihubungi kembali manakalan salesman yang bersangkutan sedang kehabisan calon prospek.

Salesman bisa jadi bekerja di showroom, mungkin pula bekerja di dealer. Kita kenali dulu perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan Showroom dengan Dealer

Dealer adalah perpanjangan tangan dari produser dalam mendistribusikan produk. Konsekuensinya, dealer hanya menjual produk-produk baru saja. Main Dealer atau dealer resmi adalah badan usaha yang dikelola secara komersial untuk menjadi perwakilan resmi suatu produk. Dealer resmi biasanya memiliki sarana showroom untuk memamerkan produknya.

Sementara showroom adalah ruang pameran kendaraan-kendaraan yang diperjual-belikan. Showroom bisa saja menjual produk baru maupun bekas. Showroom belum tentu memiliki hubungan bisnis dengan produsen.

Ibarat toko dengan etalase, maka dealer mobil atau dealer sepeda motor memiliki showroom mobil atau showroom motor.

Beberapa istilah terkait penjualan mobil dan sepeda motor:

  • Indent. Di dealer, tidak semua produk mobil atau sepeda motor diperlihatkan di showroom-nya mereka. Bisa saja sudah ada brosurnya, tetapi produknya belum ada di showroom alias harus indent terlebih dahulu karena produknya masih berada di pabrik. Ini harus disampaikan baik-baik kepada calon pembeli.
  • On the road. Di brosur, ada keterangan OTR (on the road). OTR sendiri mengindikasikan mobil yang dijual tersebut sudah memiliki kelengkapan dokumen. Pengurusan kelengkapan surat tersebut tentu memerlukan biaya. Inilah alasan mengapa harga mobil OTR lebih mahal. Jangan sampai mengecewakan calon pembeli karena kita sebagai sales salah memberikan detil-detil informasi.
  • Down payment. Jangan tertukar pula dengan tanda jadi dan down payment (DP, uang muka). Untuk diingat, pasangan dari uang muka adalah angsuran. Jika DP dibayar di muka, maka angsuran dibayar setiap bulan.
  • Tanda jadi. Sedangkan “tanda jadi” adalah pembayaran uang oleh pembeli yang menjadikan dia benar-benar “jadi” membeli produk dari anda. Tanda jadi ini akan hangus manakala pembeli berubah pikiran lalu membatalkan niatnya membeli mobil atau sepeda motor dari anda. Dan tentu saja, besaran tanda jadi untuk pembelian mobil, besarannya jelas lebih kecil daripada nilai uang DP.
  • Booking fee. Bagaimana jika produk mobil belum tersedia di showroom, tetapi calon pembeli ingin memastikan pembeliannya? Ini namanya booking fee. Maksudnya sama, tetapi situasi produk masih ada di produsen.

Berikut ini adalah salah satu pengalaman dari pekerjaan di dealer mobil.

Pengalaman Kerja sebagai Sales di Showroom Mobil.

Lina (bukan nama sebenarnya) adalah seorang sales mobil di daerah Jakarta pusat. Berikut pengalaman Lina sebagai sales mobil

Seorang sales mobil dishowroom dituntut untuk bisa menjualkan mobil dengan target yang ada, misalnya saya ditarget dapat menjual mobil 8 unit perbulan, apabila target tersebut bisa saya penuhi maka saya bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak pada bulan tersebut, dimana penghasilan sales bisa diperoleh dari gaji pokok bulanan, komisi penjualan, dan biaya kredit dari angsuran mobil.

Pada umumnya sales mobil berusaha supaya pembeli mau melakukan pembelian dengan cara angsuran supaya tetap mendapat penghasilan tambahan perbulannya walaupun terkadang pembeli ingin membeli secara cash atau tunai. Karena total harga mobil lebih rendah dibandingkan harga mobil secara kredit. Sebagai sales yang professional maka harus mampu menyediakan kebutuhan konsumen, serta bersikap baik dan hormat kepada calon pembeli.

Jam kerja sales mobil mengikuti jam kerja showroom mobil, yakni jam 8.00 pagi sampai jam 16.00 sore, walaupun pekerjaan yang dilakukan sales mobil tidak sama dengan pekerja manufaktur yang terus menerus mengoperasikan mesin-mesin produksi sepanjang hari.

Tidak hanya melayani pertanyaan pengunjung showroom maupun via telepon, seorang salesman juga bertugas mengembangkan leads yang dia miliki sehingga database tersebut bertumbuh terus jumlahnya.

Adakalanya salesman harus bekerja di luar jam normal demi menemui konsumen yang ingin melakukan test drive.

Bekerja sebagai sales mobil harus dituntut untuk berpenampilan dan bertuturkata yang menarik sehingga membuat orang terkesan dan membeli mobil perusahaan. Sales harus melayani setiap pelanggan yang datang dengan berbagai latar budaya, ras dan jenis pakaian yang digunakan. Terkadang seorang pembeli datang dengan pakaian yang biasa dan hanya memakai sandal jepit, tetapi setelah sales tersebut melayani dengan baik, sang pembeli yang hanya memakai sandal jepit akhirnya membeli sebuah 1 unit mobil Mercedes benz, karena dia tertarik atas sikap sales tersebut. 

Sales mobil harus mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang mobil yang ditawarkan, meliputi merek, tahun produksi, tipe mesin dan jenis bahan bakar yang digunakan, berapa masa gratis servis dari mobil tersebut., dan lain-lain. Apa keunggulan dari mobil jenis tersebut dibandingkan seri sebelumnya. Bagaimana proses pembayaran apabila pembelian dilakukan secara kredit atau tunai, dan sebagainya.

Pendapatan sebagai salesman mobil di showroom cukup menjanjikan. Seorang sales mobil mewah seperti lina (bukan nama sebenarnya) bahkan bisa membeli rumah dan mobil sendiri dari hasil bekerjanya sebagai sales mobil. Gaji pokok sales mobil berkisar antara 3 juta sampai 7 juta rupiah, belum ditambah bonus penghasilan dari penjualan mobil, penghasilan dari angsuran mobil serta bonus dan insentif lainnya dari manager showroom   

Baca Juga : Tulisan lain saya dalam kategori “Karir”.

Jam Kerja Sales Mobil

Jam kerja sales mobil di showroom bervariasi tergantung pada kebijakan showroom dan target penjualan. Sebagian besar showroom mobil buka pada hari kerja dari Senin hingga Sabtu, mulai dari jam 09.00 pagi hingga 06.00 sore. Namun, beberapa showroom mobil juga buka pada hari Minggu untuk menjangkau pelanggan yang sibuk di hari kerja.

Marketing Support

Karyawan yang termasuk di kedua bidang itu antara lain melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan telemarketing, analisis pasar, product marketing, digital marketing, serta customer relationship management (CRM).

Pelayanan seperti apa yang dimaksud? Pelayanan ini berupa bantuan pada persiapan produk, proposal, presentasi, demo produk, riset produk, riset tender dan masih banyak lagi. Dari banyaknya tugas mereka, yang paling umum dilakukan marketing support adalah membantu pada bagian advertising dan Customer Service. Ini karena bagian pengiklanan dan CS memerlukan banyak tenaga dengan skill mumpuni. Analisis Pasar, meliputi:

  • Pembeli potensial. Baik perorangan, komunitas, maupun pembeli korporat
  • Aktivitas kompetitor: aktivitas pameran, produk yang sedang fokus dijual, dsb.
  • Produk yang sedang tren, berikut nilai penjualan
  • Produk yang akan tren, nantinya

Konsumen mobil dan sepeda motor itu cenderung memilih dan membeli model atau fitur baru. Terutama yang sesuai dengan isi kantongnya. Toyota Avanza menjadi mobil sejuta umat karena fiturnya (terutama kapasitas penumpang) dan harganya yang memang sesuai dengan isi kantong pembeli.

Sepeda motor Yamaha Nmax adalah trend baru yang menyajikan kenyamanan berkendara jarak jauh karena fitur desain ergonomi yang menghindarkan pengendara dari perasaan cepat lelah.

Service Advisor

Service advisor adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan layanan purna jual kepada pelanggan, seperti perawatan dan perbaikan. Mereka harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang mobil dan dapat memberikan saran yang baik kepada pelanggan. Service advisor juga harus mampu bekerja dengan cepat dan efisien.

Accounting and Finance

Tugasnya mencatat pemasukan dan pengeluaran dealer. Pemasukan berupa uang DP, cicilan pembayaran, dll. Pengeluaran berupa operasional harian dan bulanan dari dealer, gaji para pegawai, dan sebagainya.

Pembayaran atas keikutsertaan dealer dalam pameran mobil yang berlangsung di mall-mall tentu juga menjadi tanggung jawabnya.

Branch Manager

Sebutan lainnya kepala cabang. Target utamanya memimpin tim dealer meraih penjualan; khususnya memimpin para salesman dalam mencapai target penjualan.

branch manager adalah pemimpin cabang yang fokusnya mengelola pelanggan dan penjualan dalam wilayah yang ditugaskan kepadanya.

Yang dilaporkan kepada kantor pusat: posisi pangsa pasar saat ini, ketercapaian target penjualan, database pelanggan, dan sebagainya.

Database pelanggan juga menjadi salah satu Key Performance Indicator (KPI) posisi kepala cabang. Macam-macam pelanggan:

  • Pelanggan tetap
  • Baru membeli sekali
  • Calon pembeli (salah satunya didapat dari pameran otomotif)
  • dll

Wilayah Penjualan

Dealer mobil itu, sepengamatan saya jarang yang lebih dari satu unit per kota. Sebab, wilayah penjualan yang dikelola biasanya memang seukuran kota tersebut. Bahkan, luasnya bisa sampai satu provinsi sendiri.

Kecuali kota-kota Jabodetabek ya. Kebutuhan dan daya beli mobilnya sudah tinggi sekali. Bisa ada 2-3 unit dealer per kota.

Namun, dealer berbeda dengan gudang ya. Tidak semua yang dikehendaki oleh konsumen sudah tersedia di dealer. Seringkali masih berada di warehouse yang berbeda lokasi dengan dealer. Dealer sendiri biasanya berlokasi di pusat kota atau di jalur-jalur utama kota. .

Bahkan beberapa produk tertentu harus indent (pesan) terlebih dahulu. Ini semua karena pabrik, gudang, dan dealer menghindari over supply yang mungkin menyebabkan menumpuknya stok kendaraan.

Salah satu tugas marketing support juga mengelola catatan penjualan dengan rapi:

  • Stok yang akan datang dari pabrik dan tanggal berapa akan datang
  • Stok yang berada di gudang
  • Stok yang ada di dealer
  • Daftar produk yang di-indent oleh pelanggan–terutama yang sudah dibayarkan down payment (DP)-nya.
  • dst.

Satpam

Di era modern, keberadaan Satuan Pengamanan atau Satpam menjadi unsur penting dalam mendukung performa sebuah perusahaan. Petugas Satpam (Satuan Pengamanan; Security) bertanggung jawab untuk menjaga aset dan perlindungan keamanan dan keselamatan perusahaan serta karyawan di dalamnya.

Pengamanan oleh Satpam termasuk bagian dari bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. Petugas Satpam memiliki penempatan tugas di berbagai area penting, seperti perkantoran, sekolah, perumahan, tempat peribadatan, dan objek vital lainnya. Tidak terkecuali showroom mobil.

Peran Satpam

  • Pendukung utama pimpinan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintah, pengguna Satpam di bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan kawasan/tempat kerjanya; dan
  • Mitra Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan di lingkungan tempat kerjanya.

Pengalaman Kerja sebagai Satpam di Showroom Mobil

Abdul (bukan nama sebenarnya) adalah seorang satpam showroom mobil mewah di jakarta pusat, berikut penuturan abdul sebagai satpam di showrrom mobil.

Satpam yang bekerja di showroom mobil melaksanakan pekerjaannya dengan datang lebih awal dari pekerja lainnya. Apalagi di masa pandemic covid 19 seperti sekarang, maka satpam akan melakukan pemeriksaan (screening) terhadap setiap pengunjung yang datang. Walaupun pengunjung showroom mobil tidak seramai pengunjung pasar namun seorang satpam tetap dituntut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung di showroom.

Satpam showroom mobil bertugas mengamankan lokasi showroom mobil, kendaraan karyawan, kendaraan tamu pelanggan. Ketika ada mobil mau masuk ke lokasi showroom maka satpam harus bisa mengarahkan ke area parkir. Ketika tamu keluar dari showroom maka satpam harus memastikan kendaraan tersebut memasuki jalan raya tanpa menyenggol kendaraan lainnya.

Apabila ada demonstrasi yang berlangsung satpam harus memastikan keamanan dan kondusivitas lokasi showroom mobil terjaga. Apabila kondisi semakin darurat dan tidak terkendali maka satpam harus segera menyampaikan kondisi tersebut kepada manager atau pihak direksi di showroom mobil supaya diambil tindakan-tindakan pengamanan lebih lanju.

Jam kerja satpam di showroom mobil. Ada yang bekerja mulai jam 8.00 pagi sampai 16.00 sore, ada juga satpam yang bekerja dari 16.00 sore sampai jam 8.00 pagi. Sehingga umumnya terdapat 2 shift jaga satpam di showroom mobil.

Penghasilan (gaji )yang diterima satpam di showroom mobil bervariasi tergantung di mana seorang satpam tersebut bekerja, apabila satpam bekerja di showroom mobil mewah seperti showroom yang menjual marcedes benz, bmw, tentu penghasilannya lebih tinggi dibandingkan showroom mobil kelas menengah.

Apabila dibuat rentang penghasilan, maka seorang satpam di showroom mobil bisa menghasilkan Rp 3 juta ‚Äď Rp 7 juta. Hal tersebut belum ditambah bonus penghasilan (apabila ada) serta makanan, minuman, tunjangan kesehatan dan sebagainya.

Demikian pekerjaan pekerjaan di dealer mobil. Mudah-mudahan bermanfaat. Nah ini ada sedikit tips tentang bagaimana membeli kendaraan di showroom.

Kiat Membeli Kendaraan di Showroom

Berikut ini tips-tips membeli kendaraan di showroom:

  1. Di era internet seperti sekarang, proses belanja kita tentu sudah memasukkan elemen ‘riset di internet’, donk. Pesan yang pertama adalah jangan mengandalkan riset daring semata. Tetapi lakukan kunjungan langsung juga ke showroom yang dituju. Chatting dulu, cari tahu alamatnya, lalu berkunjung langsung ke alamat tersebut guna melihat kendaraan-kendaraan baru atau bekas yang dijual secara langsung.
  2. Di antara sekian showroom yang diriset secara online, pilih yang terbesar untuk dikunjungi pertama kali. Semakin besar/luas lahan showroom tersebut, berarti semakin banyak pula kendaraan yang tersedia dan dapat dipilih oleh Anda. Hal ini juga mempermudah proses pembelian Anda karena akan mengurangi jumlah showroom yang harus dikunjungi.
  3. Periksa lagi jumlah dan jenis leasing yang tersedia. Leasing adalah mekanisme pembelian kendaraan dengan cara mengangsur/mencicil. Keberadaan perusahaan leasing yang bonafide sebagai salah satu channel pembayaran mengindikasikan bahwa showroom tersebut sudah memiliki track record kerja sama yang baik dengan perusahaan leasing.

Kalau kamu merasa tulisan ini ada manfatnya, silakan berpartisipasi lewat donasi via NihBuatJajan.com ya. Donasi dari kamu akan memberikan semangat untuk terus menulis artikel yang berguna bagi pembaca.


Referensi:

8 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    • prioritaskan/mulai dari yang paling dekat dengan mendatangkan penjualan. Alias mulai dari orang sales dulu. Baru sales support. Perhatikan juga komposisinya. Beberapa orang sales bisa dibantu hanya oleh satu orang sales/marketing support. Mudah-mudahan jawaban saya membantu.

    • Bagus. Mas Alim. Sebetulnya dari pengamatan saya. Dealer2 ada yg merupakan anak perusahaan dari 1 holding. Ini memudahkan mereka utk saling melengkapi kebutuhan customer apabila salah satu dealer lagi tidak ada stoknya.

      Selain itu dealer ada yg namanya 3S / 2S: Sales, Service, Spare Part. Kalo 2S exclude Sales yah. Jadi selain pekerjaan sales juga ada pekerjaan Dept Service dan Spare partnya. Atau semuanya adalah aftersales.

      Sukses Mas Alim dan CMIIW. ???

Verified by MonsterInsights