Kenapa Memilih Posisi Digital Marketing

Digital Marketing sedang tumbuh pesat. Ini bukan tren sesaat, melainkan sudah menjadi suatu gelombang marketing yang baru. Artikel kali akan membahas alasan memilih bidang ini, apa saja tugas dan jabatan di bidang ini, serta kisaran gaji digital marketer.

digital marketing

Digital Marketing adalah bagian dari aktifitas pemasaran (marketing) yang mengoptimalkan penggunaan internet dan teknologi digital berbasis online, seperti aplikasi mobile, peramban (browser) dan social media yang bisa dibuka di personal computer (desktop/laptop), tablet, atau smartphone guna mempromosikan produk dan layanan.

digital marketing

DM tidak sebatas digital business ya. Artinya, DM sangat mungkin terhubung dengan bisnis luring (offline). Istilah kerennya O2O (Online-To-Offline). Alias dengan teknik-teknik online (which is digital marketing) membuat keramaian di toko fisik yang ujung-ujungnya diharapkan dapat meningkatkan transaksi.

Baca juga: Mengapa Memilih Marketing

Channel Digital Marketing

Setidaknya saluran-saluran DM terdiri dari search engine marketing dan social media marketing, dan email marketing.

Baca juga: 6 Saluran Internet Marketing yang Harus Anda Ketahui.

Search engine marketing ada yang gratis, biasa disebut SEO (Search Engine Optimisation). Ada juga yang berbayar, yaitu Paid Search.

paid search

Baca juga: Search-Engine-friendly Content.

Sedangkan social media marketing, terbagi-bagi atas channel social media itu sendiri. Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, hingga yang belakangan naik daun: TikTok. Di antara semuanya, ada yang dilakukan mengandalkan kreatifitas si digital marketer itu sendiri, ada juga yang menggunakan iklan, semisal Fb Ads dan IG Ads.

Baca juga: TikTok Marketing: It’s Just The Beginning.

BACA JUGA:  Cara Mengoptimalkan Hashtag di Instagram

Tugas Digital Marketer

Tugas digital marketer meliputi pengembangan brand agar lebih dikenal oleh netizen (warga internet), di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan riset kepada konsumen maupun kompetitor
  • Membaca data di dashboard, menganalisis dan membuat laporan
  • Membuat konten. Bisa dikerjakan sendiri, bersama agensi, atau mempekerjakan freelancer.
skill digital marketing

Tentu saja tugas-tugas harian yang sudah disebut di atas belum semuanya. Bagaimana perusahaan tersebut beroperasi dan struktur organisasi perusahaan akan ikut menentukan nama jabatan dan tugas-tugas digital marketer.

Jabatan Digital Marketing

Sangat mungkin juga, suatu perusahaan hanya berfokus ke saluran digital marketing tertentu. Misalnya, perusahaan yang bergerak di B2B (business-to-business) lebih fokus menggarap website dan SEO. Sementara, perusahaan yang bergerak di consumer lebih fokus di social media. Secara sekilas, berikut adalah beberapa jabatan digital marketer:

  • SEO specialist, hanya berfokus di SEO
  • Instagram specialist, garapannya terbatas di Instagram saja: membuat konten, menganalisis, dan melaporkan. Sangat mungkin bekerja sama dengan meida lain di social media, termasuk di antaranya adalah kolaborasi dengan influencer. Analog dengan Facebook Specialist, maupun Linkedin specialist.
  • Digital strategist, merancang strategi, membagikan tugas-tugas digital marketing, melakukan fungsi pemantauan (monitoring), menganalisis, dan membuat laporan
  • Social media strategist, sama seperti digital strategist, tetapi terbatas di social media, namun meliputi social media yang sangat banyak: YouTube, facebook, dan instagram.
social media strategist bekerja sama dengan influencer

Gaji Digital Marketer

Digital Marketing bisa berawal dari angka UMR di kota atau provinsi kamu. Namun, posisi tertinggi ‘hanya’ selevel manager dengan gaji puluhan juta rupiah. Posisi Head of Digital Marketing, atau Digital Marketing Manager biasanya melapor kepada pejabat Sales and Marketing yang lebih luas cakupannya. Yaitu yang meliputi sales, merchandise, advertising, dan bidang marketing lainnya.

  • Internship Rp3 juta
  • Content Marketing Rp5 juta
  • Customer Care Social Media Rp5 juta
  • Copy Writer Rp7 juta
  • Digital Marketing Manager Rp20-35 juta
BACA JUGA:  Video Marketing

Tentu saja angka-angka tersebut hanya sebagai gambaran saja. Kisaran gajinya bisa didapat dari penyelenggara survei gaji. Untuk angka pasti, ada di masing-masing perusahaan, dan sangat bergantung pada negosiasi oleh si calon tenaga kerja itu sendiri.

Related Post:
– Bisnis yang Cocok Menggunakan SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.