Barang Tertua Milik Saya yang Masih Saya Pakai Sehari-hari

What’s the oldest thing you own that you still use daily?

Pertanyaan di atas saya dapat dari platform. Menarik juga fiturnya untuk memancing kita menulis. Lanjutkan menyimak ya jika penasaran jawaban dari saya.


Sepeda motor adalah salah satu barang tertua yang MASIH saya miliki dan pakai hingga kini. Sampai saat ini ditulis, sudah 15 tahun.

Saya gak tergoda tuh dengan desain-desain produk sepeda motor yang terus-menerus dirilis per 2-3 tahun sekali itu.

Selama saya masih merasa nyaman dengan kendaraan roda dua ini yang saya pakai.

Memang benar bahwa kenyamanan itu tergantung bagaimana pemakaian kita. Alhamdulillah, Supra 125 cc transmisi manual saya itu masih cocok dengan saya yang pemakaiannya hanya 2-3 km/hari.

Kalau pergerakan saya sudah 20 km/hari, mungkin saya akan berangan-angan untuk menggunakan sepeda motor yang berada di di kelas yamaha tiger.

Apalagi, elemen warna mungkin satu-satunya mempengaruhi dan mengendalikan saya untuk membeli ‘kuda besi’ satu itu.

Warnanya ngejreng. Cukup membuat saya untuk mudah mencari si roda dua di parkiran motor yang besar. Kalian tahu lah, bahwa mungkin minimal 60% sepeda motor itu warna dasarnya hitam.

Di sisi lain, warna juga yang membuat rekan-rekan saya di kantor mengenali sepeda tersebut sebagai kendaraan saya. Karena memang hanya saya yang memakai warna tersebut.

Dari perenungan saya ini, kenyamanan secara ergonomis dan warna adalah dua elemen yang membuat saya bertahan dengan barang yang sudah 15 tahun ini.

Kalau saya ingat-ingat kembali, dibandingkan dengan generasi saya, sepertinya termasuk yang cukup lambat dalam mengadopsi sesuatu. Rekan-rekan saya sudah jauh lebih dulu memiliki sepeda motor sebelum saya. Dan masih ada barang-barang lain yang ‘terlambat’ pula saya memilikinya.

Sepertinya karena dalam jeda tersebut, saya banyak bertanya ke diri sendiri tentang mana barang yang sesuai dengan diri saya.

Sebab saya yakin semua barang punya kelebihan dan kekurangan, karena semua didesain untuk dipakai oleh penggunanya masing-masing. Pertanyaan ke diri sendirinya adalah mana fitur-fitur yang sebenarnya benar-benar saya butuhkan atau sesuai dengan diri saya yang tidak suka pamer ini.

Demikian perenungan saya ini dalam mencari jawaban atas pertanyaan yang menarik tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.