Review Blog Anak Dagang

Selain menjadi blogger professional, ada cara lain lho untuk mengembangkan blog kamu. Kalau yang saya ulas sebelumnya berfokus ke niche tertentu, maka cara lain yang akan kita bahas kali ini yaitu dengan merambah topik-topik lainnya. Alias, scope blog-nya meluas menjadi seakan-akan sebuah portal berita.

Di post kali ini, saya coba review sebuah blog yang memosisikan dirinya sebagai “anak dagang”. Pada mulanya, blog ini fokus membahas hal-hal seputar peluang bisnis. Baik peluang bisnis online, maupun offline. As we know, online itu ada lewat social media (instagram, facebook). Kalo offline misalnya peluang bisnis dari buka toko ritel di pinggir jalan, usaha workshop yang fokus memproduksi barang, dan jenis-jenis peluang bisnis lainnya.

Nah, setelah fokus membedakan diri dengan blog-blog lainnya, serta memberikan manfaat pada para pembacanya, blog ini memiliki positioning yang mantap sebagai blog untuk para pencari peluang usaha. Targeting-nya jelas, yaitu pembaca yang sedang mencari-cari peluang usaha. Jadi butuh usaha mikro (modal kecil) yang relatif tidak sulit dimulai.

Tidak puas dengan positioning tersebut, blog ini melakukan ekspansi konten ke kategori-kategori lain. Yaitu, gadget/aplikasi, SEO (Search Engine Optimisation), dan blogging. Ya, namanya topik seputar peluang bisnis online lewat social media, tentu tidak sulit untuk masuk ke blogging ya. Kan blog juga satu bentuk social media. As its name, social media adalah media untuk bersosialisasi.

Dan di era yang semakin mobile ini –meninggalkan personal computer berbentuk desktop dan laptop, maka dekat juga donk kalau mau bahas gadget mobile berupa smartphone atau tablet. Gak kelewat jauh juga untuk membahas mobile application / aplikasi.

Optimasi mesin pencari (SEO), ini peluang-peluang bisnisnya agak berbeda dibanding yang melalui social media. Karena basis bisnisnya adalah sebanyak apa orang mencari barang tersebut. Serta kecenderungan user setelah mendapat informasi tersebut. Apakah sekedar untuk tahu, atau bahkan mungkin melakukan pembelian.

Untuk diketahui teman-teman blogger sekalian, si Anak Dagang ini bukan dari Jakarta, lho. Melainkan Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur. Membuka mata kita bahwa internet sesungguhnya sudah menghubungkan dengan lokasi-lokasi terpencil (PPU gak terpencil banget, cuma naik kapal ferry dari Balikpapan). Dan peluang-peluang bisnis tidak melulu hanya ada di Jakarta atau Pulau Jawa pada umumnya. Tetapi di seluruh dunia, selama sudah ada listrik dan internet yang terhubung ke sana.

Demikian review blog kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *