Podcast

Memulai podcast sebagai hobi baru. Mudah-mudahan bisa konsisten dan sustain ya.

podcast

Kayaknya saya ketemu ‘mainan’ baru, deh. Mainan baru yang saya perlu merencanakan dan meluangkan waktu. Bisa disebut juga sebagai passion atau hobi. Hehe.

podcast

Hal ini berawal dari hobi saya menyimak podcast sambil bekerja. Not all the working time ya. Podcast tuh bikin exhausted juga. Jadi selang-seling antara musik dengan podcast.

Setelah hobi mendengarkan podcast selama beberapa waktu, terlintas di pikiran saya, “Kenapa gak buat podcast aja sekalian?”. Dari puluhan kali melihat podcast-nya Pandji, End Game-nya Pak Gita Wirjawan, dan Raditya Dika –3 podcast yang paling sering saya dengarkan, tentu ada cara-cara ngobrol/interview yang bisa saya tiru dan modifikasi lha ya.

Pertama, antusiasme sebagai bahan bakar ya. Terutama rasa ingin tahu. Basic saya sebagai seseorang yang suka mengamati (observing), maka pertanyaan-pertanyaan semisal, ‘Why this happened?’ atau ‘How do you that?’ jadi sering berseliweran di dalam kepala saya.

Selain menetapkan waktu untuk interview/podcast, outline pembicaraan jelas wajib dipersiapkan. Gak perlu terlalu kaku, tapi arah pertanyaan wajib ada. Minimal temanya jelas deh, untuk episode tersebut.

Dalam podcast #BincangProfesi, arahnya memang pembahasan soal title pekerjaan ya. Bahkan ketika mengerjakan 2 episode pertama, saya belum tahu ini akan jadi apa yang diberi nama apa. Bahkan di sana, saya mengaku terus-terang bahwa ‘belum ada judul’-nya. Hehehe.

BACA JUGA:  New Normal

Tahu, enggak? Title pekerjaan sering menipu lho. Judulnya manager, tapi belum pasti ada karyawan lain sebagai anggota timnya. Product manager, sales manager tuh belum tentu punya bawahan yang membantu pekerjaan.

Info tipis-tipis, baik yang sengaja saya cari tahu maupun yang tidak sengaja saya dapatkan itulah, yang mengantar saya menyusun outline, arah ataupun tema pembicaraan. Gak pernah tertulis, memang. Namun ngendon di kepala saya selama beberapa hari atau pekan.

Ep.1 Drilling Fluid Engineer

Dari title, saya biasanya zoom out ke industri ya. Kompetitor produk atau perusahaannya siapa, market yang dilayani yang mana, produk/layanan substitusinya apa, dan seterusnya.

Ep.2 Corrosion Engineer

Terakhir adalah soal masa depan dari profesi tersebut. Misalnya, ada opportunity apa sehingga profesi ini cerah masa depannya? Kalau ingin terjun ke profesi tersebut, persiapan pendidikan atau sertifikasinya bisa dilakukan di mana saja? Dan seterusnya.

Ep.3 Farmasis

Koridornya saya sejauh ini adalah tidak sebut merek produk atau perusahaan ya. Memang bukan sarana promosi ya. Jadi sekalian tidak boleh sebut sama sekali. Tapi, kalo ada yang ingin support channel ini, boleh banget tuh kita kerja sama. Hahaha #iklan.

Support tuh maksudnya supaya saya tetap bisa sustain untuk mempromosikan profesi rekan-rekan sekalian. Kepada mereka yang menjadi narasumber, saya yakin ini adalah cara untuk memperingan beban pekerjaan mereka. Sedikit atau banyak, pekerjaan itu membuat stress juga kan ya.

BACA JUGA:  Pengalaman Mengurus Akta Kematian di Kelurahan Sungai Nangka Kota Balikpapan

Selain demi ngonten, podcast ini saya jadikan sarana untuk silaturahmi juga dengan teman-teman lama. Lumayan ya, jadi tahu siapa sedang di mana, bersama siapa, sedang berbuat apa, dst. Hehehe.

2 thoughts on “Podcast”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.