Pendidikan Profesi Insinyur, Program Khusus untuk Memperoleh Gelar Insinyur

Saya tidak lulus sebagai sarjana teknik, maka saya tidak bisa meneruskan sebagai insinyur. Tapi saya merangkum info-info penting seputar program profesi insinyur ke dalam blogpost ini.

Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang Keinsinyuran. Dengan adanya pendidikan profesi insinyur, diharapkan standar kompetensi insinyur di Indonesia dapat menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan pada bidang teknologi, industri dan infrastruktur di Indonesia.

Ibaratnya dokter mungkin melakukan mal praktik, maka dengan perspektif yang sama lahirlah pendidikan profesi insinyur ini. Sehingga, sebagai contoh saja, tidak ada insinyur teknik sipil yang melakukan malpraktik dalam desain dan rekayasa jembatan, jalan raya, dan lain sebagainya.

Apakah Dasar Hukumnya?

Ada. Berikut ini adalah peraturan-peraturan yang mendasari pelaksanaan program pendidikan profesi insinyur:

  • Undang-undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran merupakan dasar kesiapan insinyur Indonesia dalam menghadapi tantang Nasional dan global serta memberikan payung hukum untuk tata kelola keinsinyuran, penjaminan kompetensi dan mutu kerja dan peningkatan daya saing serta keandalan profesi insinyur.
  • Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah mengeluarkan Peraturan Menteri (PerMen) No.35 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS PPI)
  • Kemenristek Dikti telah memberikan mandat pada 4O Perguruan Tinggi di Indonesia untuk menyelenggarakan Program Studi Program Profesi Insinyur.
  • Peraturan Dirjen No.1462 Tahun 2O16 tentang Panduan Penyelenggaraan PS PPI.

Berapa lama kuliah insinyur?

Pendidikan strata-1 (S1) berlangsung dalam 4 tahun (8 semester) dengan beban 144 sks.

Untuk melengkapi kualifikasi lulusan untuk menyandang sebutan Insinyur, perlu dilanjutkan dengan pendidikan profesi selama minimum 1 tahun dengan beban 24 sks.

Berapa biaya kuliah insinyur?

Pendaftaran Rp 500.000,00. Biaya perkuliahan Rp 12.500.000,00/ Semester di Fakultas Teknik (FT) Universitas Gajah Mada (UGM). Referensi.

Biaya pendidikan program profesi insinyur di Universitas Indonesia (UI) bisa diunduh di sini.

Biaya pendidikan PSPPI Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) adalah sebagai berikut :

Biaya PendidikanKeterangan
Rp 12.500.000,00Biaya kuliah selama 1 semester dan Pengenalan Sistem Informasi PSPPI – ITS
https://www.its.ac.id/admission/profesi/insinyur/#biayarpl

Bagaimana cara menjadi insinyur?

Profesi keinsinyuran dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan cara perkuliahan program profesi insinyur dan melalui diklat yang diusulkan oleh asosiasi teknik.

Ada program reguler (kelas pagi), ada pula program khusus (kelas malam – akhir pekan), misal program khusus di IPB namanya Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Rupanya nama RPL ini berlaku di 40 universitas yang ditunjuk untuk menyelenggarakan pendidikan profesi insinyur.

Adakah Asosiasinya?

Ada, namanya Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Organisasi ini berfokus di keanggotaan, sertifikasi, dan registrasi (profesi insinyur).

Berapa Gaji Insinyur?

Gaji insinyur tergantung bidang pekerjaan yang digeluti. Berikut ini beberapa yang banyak dicari:

  • Perminyakan. Hingga Rp32,6 juta per bulannya. Tidak lupa, mereka juga mendapatkan bonus yang berkisar di angka Rp26 juta. (idxchannel, 2022)
  • Pertambangan. Dari IDR3,755,675 sampai IDR12,674,179 per bulan (gajimu, 2022)
  • Sipil. Rp5juta-Rp-7juta. (lifepal, 2021)
  • Kelistrikan. Average base salary per month IDR 5.084.331 (indeed, 2022)

Baca juga tulisan lain saya seputar KARIR.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Verified by MonsterInsights