Kiat Memilih Nama Perusahaan yang Bagus dan Unik bersama Legistra

Kriteria memilih nama perusahaan yang bagus supaya memiliki identitas yang unik dan terwujud sesuai dengan cita-cita penamaan tersebut.

Nama adalah do’a. Jadi berikanlah nama sesuai dengan kebaikan yang dikehendaki akan terwujud oleh do’a. Selain itu, nama adalah identitas yang menjadikan pemilik nama menjadi berbeda dari lainnya. Pemberian nama yang baik itu berlaku tidak hanya untuk pribadi manusia saja. Tetapi juga berlaku dalam memilih nama perusahaan yang bagus.  

memilih nama perusahaan yang bagus adalah langkah awal yang baik dalam membangun corporate culture.
PepsiCola adalah sebuah merek produk minuman berkarbonasi.

Berikut ini adalah beberapa tips umum dalam memilih kata yang akan digunakan untuk memilih nama perusahaan yang bagus: 

  • Tidak apa memilih nama perusahaan dengan nama orang. Hal ini bertujuan membangun cerita (story) kepahlawanan akan kerja keras sang pendiri. Beberapa grup usaha di Indonesia menggunakan nama sang pendiri. Misalnya, “Bakrie” dari Achmad Bakrie, atau “Tanoto” dari Sukanto Tanoto. 
  • Singkat, mudah dieja, serta ejaan (pelafalan) sama dengan penulisan. Nama-nama seperti Komodo, Toyota, Yamaha

Memilih Nama Perusahaan yang Bagus

Bermakna dan Punya Harapan 

Kesejahteraan ekonomi

Nama-nama semisal “Sentosa”, “Sejahtera” memberikan harapan agar para pemilik dan karyawan perusahaan tersebut mengalami apa yang kesejahteraan, alias ekonomi yang cukup untuk menjalani kehidupan. 

Kestabilan ekonomi

Sementara nama-nama semisal “Jaya”, “Abadi” menggambarkan harapan agar perusahaan tempat pemilik dan karyawan berkarya tersebut, dapat memberikan kestabilan secara ekonomi. Pengharapan yang demikian muncul bisa jadi disebabkan oleh trauma masa lalu si pemilik yang mengalami ombang-ambing kehidupan karena pendapatan yang tidak stabil.

BACA JUGA:  Promosi Online Produk Kuliner yang Efektif

Berbeda dari yang sudah ada 

Maka dari itu, kita harus riset dengan layak (proper) untuk mendapatkan nama yang berbeda. Misalnya dengan riset di mesin pencari seperti Google, apakah nama tersebut sudah digunakan. Yang bisa jadi bermasalah adalah apabila nama yang sama digunakan oleh dua perusahaan yang bergerak di industri yang sama. Pengaturan lengkap tentang pemakaian nama PT diatur dalam PP 43/2011 tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

Syarat pengajuan nama PT di antaranya adalah: 

  • Minimal terdiri dari tiga kata 
  • Tidak boleh menggunakan bahasa asing; harus berbahasa Indonesia. Misalnya menggunakan tulisan arab. 
  • Tidak menggunakan nama PT yang sudah ada
  • Tidak Bertentangan dengan Ketertiban Umum dan/atau Kesusilaan. Misalnya nama-nama yang berbau SARA sehingga memungkinkan terjadinya keributan atau perpecahan. 
  • Tidak Sama atau Tidak Mirip dengan Nama Lembaga Negara, Pemerintah atau Internasional
  • Sesuai dengan Tujuan dan Bidang Usaha Perusahaan. Akan membingungkan banyak orang jika terdapat PT Sejahtera Abadi Medika yang seharusnya bergerak di bidang usaha medis, tapi ternyata berbisnis di bidang otomotif. 

Contoh Nama yang Terlalu Unik, tapi Tidak Mengapa 

  • PT Pendekar Bodoh (merek D’Cost) 
  • PT Bocuan Gapapa (merek D’Stupid Baker) 
  • PT Karya Anak Bangsa (merek Gojek) 
  • PT Ruang Guru Raya Indonesia (merek Ruang Guru)

BACA JUGA: BISNIS ONLINE

Demikian uraian singkat mengenai memilih nama perusahaan yang bagus, bermakna dan punya harapan, serta berbeda dari yang sudah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.