Digital Marketing

Secara bahasa, digital marketing adalah upaya-upaya pemasaran yang dilakukan dalam wujud-wujud digital. Secara pemahaman, pemasaran digital sendiri menyerupai online marketing, yakni upaya-upaya pemasaran (termasuk pengenalan merek) yang menggunakan medium-medium online, di antaranya adalah social media, search engine (organik maupun berbayar), content marketing, dll.

woman in white sleeveless shirt and blue denim skirt holding black smartphone

Bagaimana Influencer Mempengaruhi Branding dan Sales?

Influencer marketing berpotensi membawa brand pada keterjangkauan yang lebih luas. Pemetaan audiens jadi kunci influncer marketing.

google maps to optimize local SEO

Local SEO, Teknik Mempromosikan Bisnis Offline Secara Online

Tidak semua produk bisa dikirimkan. Ada yang konsumen harus datang sendiri. Gunakan teknik
lokal SEO untuk mengundang pelanggan..

Contoh Digital Marketing yang Sukses

Daripada berlelah-lelah melakukan eksperimen digital marketing demi menemukan cara terbaik, mari kita belajar dari beberapa contoh strategi digital marketing yang sukses.

Posisi Digital Marketing dengan Karir Cerah

Sebagai gelombang baru, Digital Marketing sedang tumbuh pesat. Mari membahas apa saja tugas, jabatan dan kisaran gaji para digital marketer.

marketing fashion creative desk

Panduan Lengkap Digital Marketing

Marketing tidak cukup dilakukan secara konvensional. Tahun 2021 ini, marketing harus secara digital dan tentu saja: online.

Tren Video Marketing Terbaru

Video marketing semakin marak. Penggunaannya juga di berbagai platform social media. Harus masuk dari sekarang supaya tidak ketinggalan.

Social Media

Social media adalah media digital untuk bersosialiasasi. Di Indonesia, yang banyak digunakan oleh warga adalah Facebook, TikTok, dan Instagram. Banyaknya pengguna social media memungkinkan kita untuk memasarkan produk maupun jasa kita di sana. Social media adalah channel pemasaran digital yang bisa dibuat secara gratis – meskipun untuk memaksimalkan aktifitas marketing di sana memerlukan biaya juga.

Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Pasca social media, website adalah channel digital marketing berikutnya yang pembuatannya memerlukan biaya. Minimal biaya domain dan hosting. Jika kita sudah memiliki website yang memasarkan produk dan jasa kita, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi traffic (lalu lintas) yang mengunjungi website tersebut dengan metode SEO.

Search Engine Marketing (SEM)

Jika fokus SEO adalah menempatkan website pada hasil pencarian teratas pada pencarian organik saja, SEM menargetkan hasil pencarian teratas dengan cara berbayar via iklan.

Bagaimana mengisi konten pada beberapa channel digital marketing yang sudah disebut di atas? Tekniknya disebut Content Marketing.

Content Marketing

Content Marketing berarti penggunaan berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar produk dan jasa. Konten yang dimaksud di sini adalah berupa video, artikel, infografis, buku elektronik, dan jenis konten lain yang memberikan nilai manfaat bagi penggunanya. Ciri konten pemasaran ini adalah sifatnya informatif dan tidak terlihat ‘berjualan’ secara gamblang.

Tidak semua konten memiliki dampak pemasaran yang sama besarnya. Dampak pemasaran yang besar adakalanya dipengaruhi dan ditentukan oleh siapa yang turut terlibat dalam menggaungkan konten-konten yang ada. Salah satu di antaranya adalah influencer (pemengaruh) yang dapat berkontribusi dalam menciptakan gema dan gaung pemasaran yang lebih dahsyat lagi.

Influencer Marketing

Influencer marketing menggabungkan pemasaran tradisional dengan digital dan mirip dengan sistem endorsement menggunakan jasa selebritas.

Seorang influencer mendapatkan pengaruh dan ketenarannya dari konten-konten yang mereka buat di media sosial. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan menyajikan konten-konten yang sesuai dengan ciri khas mereka masing-masing.

Kerja sama dengan influencer ini bisa berbentuk ulasan berbayar atau promosi yang terang-terangan. Efektivitas pemasaran menggunakan bantuan influencer sangat tergantung pada loyalitas pengikut sang influencer dan relevansi antara produk yang dipasarkan dengan kebutuhan pengikutnya.

a laptop with "digital marketing" text

 

Photo by Mikael Blomkvist on Pexels.com


  1. Aktifitas SEO Specialist: Implementasi dan Pengelolaan Rutin
  2. How Influencers Affects Your Marketing
  3. Bagaimana Influencer Mempengaruhi Marketing Anda?
  4. Local SEO, Teknik Promosi Online Bisnis Offline
  5. Contoh Digital Marketing yang Sukses
  6. Posisi-Posisi Digital Marketing yang Prospek Karirnya Cerah
  7. RajaKomen.com membantu menaikkan Engagement Rate (ER) Media Sosial Kamu
  8. Complete Guide of Digital Marketing
  9. Panduan Lengkap Digital Marketing
  10. Video Marketing, Tren Marketing Terbaru
  11. Bisnis yang cocok menggunakan SEO
  12. Cara Mengoptimalkan Hashtag di Instagram
  13. Strategi Instagram Marketing Tahun 2019
  14. 6 Cara Riset Content Marketing yang Akan Membuat Pengunjung Betah Berlama-lama di Web Anda
  15. Beberapa Tips Marketing Lewat Instagram Yang Dapat Anda Terapkan Di Bisnis Anda
  16. 6 Saluran Internet Marketing yang Harus Anda Ketahui

Exit mobile version
Verified by MonsterInsights