Digital Security

Hal-hal yang wajib kita lakukan untuk menghindari doxing serta mempertebal keamanan digital yang lebih baik untuk kita.

Work From Anywhere

Kantor yang officially memberlakukan WFA ini memang masih punya headquarter dan tentu saja para karyawannya bisa datang dan bekerja di sana. Asumsi yang dipakai adalah yang datang bekerja tidak akan seluruh karyawan.

Menjaga Kesehatan Digital

Digital Wellness alias ‘kesehatan’ digital. Boleh ke Digital Citizenship untuk zooming out dan lebih paham konteksnya secara helicopter view. Digital Wellness adalah salah satu di antara Digital Citizenship tersebut. Baca Juga: Digital Minimalism. Yes, teknologi digital dan sekaligus internet memberikan…

Sales Motoris Freelance

Teman-teman pembaca pasti sering melihat seseorang yang mengendarai motor, di belakangnya ada saddle bag kanan dan kiri, entah apa itu isinya yang pasti ia menjual barang ke warung warung itulah sales motoris secara freelance. bagaimana sih cara kerjanya? terus keuntungan-nya berapa kok mau rela berpanas-panasan di jalan bahkan kadang kehujanan.

Anxiety of Technical Writer

Setiap pekerjaan tentu saja ada dinamikanya ya. Naik dan turunnya. Plus dan minusnya. Keuntungan dan kerugian yang harus ditelan mentah-mentah. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, akan membantu kita mengelola harapan (setting expectation). Sehingga kita bisa lebih legowo dalam menerima peran dan…

Strategi Pemasaran

Mengapa perlu strategi pemasaran. Konsep Strategi Pemasaran Kita berbisnis tidak boleh tubruk sana, tabrak sini, belajar kemudian. Harus ada strateginya. Alias rencana bisnis yang dieksekusi dengan cermat dan konsisten. Berikut ini adalah beberapa Strategi Pemasaran yang jelas bisa Anda terapkan…

Daftar Payment Gateway Termurah dan Terbaik

Masalah bagi toko online pemula adalah toko tersebut belum memiliki mekanisme pembayaran yang menyebabkan pembayaran oleh pelanggan menjadi lebih murah. Pembei enggan membayar biaya tambahan untuk transfer pembayaran berbeda bank. Dengan payment gateway maka tidak ada lagi biaya tambahan untuk pembeli, meski berbeda bank.

Parenting Islami

Saya tidak ingin memberikan batasan yang kaku banget. Selama parenting dan pengasuhan yang dilakukan berdasar pada kaidah maupun petunjuk yang bila ditelusuri sampai ke hulunya ternyata berasal dari Al-Qur'an dan hadits, maka itulah 'ruang' itulah yang saya sebut sebagai 'parenting islami'.

Finding Your Writing Voice

To develop further your career as a writer, you shall have a writing voice. Either in form of writing style or perspective, you must have it. This simple post reminds us to focus more on important writing voice.

Jenjang Karir Dunia Marketing

Semakin berkembangnya dunia digital membuat cakupan pekerjaan di dunia sales dan marketing sampai hari ini terus meluas, hingga ke ranah digital. Sales dan marketing merupakan departemen andalan agar perusahaan bisa mendapat omzet yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan. Objektif di…

Ayah: Jumlah Sembilan

Ayah saya suka dengan angka yang bila semua bagiannya dijumlah hingga menjadi satu digit, menghasilkan angka sembilan. Tulisan ini, adalah rangkuman hal-hal baik dari beliau yang saya teladani.

Evolusi Komedi di Indonesia

Cara komedian memancing tawa memang berbeda-beda. Bukan karena orangnya saja. Tetapi dari waktu ke waktu pun juga berbeda. Tulisan kali ini membahas bagaimana komedi berevolusi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Lack of Communication

Lack of communication itu dalam bahasa Indonesia berarti kurang komunikasi. Masalah dari frase tersebut adalah 'kurang'-nya di mana juga masih 'kurang'. Alias masih sangat belum jelas. Tulisan kali ini mengeksplorasi apa saja yang bisa kita lakukan guna mencegah dan mengatasi komunikasi yang tidak efektif.

Jangan Mencari Bahagia

Ketika menulis post ini, vaksinasi sedang berlangsung. Tapi entah kapan tuntas mencapai herd immunity-nya. Bahkan, vaksin berbayar mulai ada. Start di jaringan Apotek Kimia Farma. Jadi, pandemi masih akan berlangsung dan masih akan lama baru tuntas.

Sales Pipeline

Sales Pipeline membantu rekan-rekan yang bergerak di bidang penjualan guna mengelola target konsumen secara efisien. Tidak membuang sumber daya penjualan dengan sia-sia. Bahkan tidak berlama-lama dengan konsumen yang belum akan membeli dalam waktu dekat.

Bersikap Baik di Komunitas

Anggota komunitas, apalagi di era digital seperti sekarang, punya latar belakang yang berbeda-beda. Menghindar percekcokan, bisa dimulai dengan bersikap baik kepada siapa saja di dalam komunitas tersebut.

Anak dan Interaksi Sosial

Beberapa lapis orang di luar keluarga inti, menuntut interaksi sosial yang berbeda dengan anak-anak. Kita perlu mengajarkan dan mencontohkan bagaimana kita bisa membangun hubungan dengan lapisan-lapisan keluarga besar maupun anggota masyarakat tersebut.

Evolusi Minat Anak

Kesukaan anak-anak pada sesuatu itu berevolusi terus. Kita orang dewasa melihatnya kok enggak fokus ya. Apakah anak-anak memang alamiah seperti itu, ataukah kita orang dewasa yang terlampau serius menyikapi fenomena tersebut?

Dua Tipe Penulis. Kamu Tipe yang Mana?

Bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai penulis, salah satu fase yang akan dilalui adalah bertanya-tanya ke diri sendiri, tentang pola, cara, metode yang paling tepat dalam menulis. Secara umum, saya melihat penulis itu ada dua tipe. Tidak ada benar atau…

Menemukan Fokus

Tema umum dalam setahun terakhir adalah bagaimana mengatasi kebosanan di tengah-tengah pandemi dan dompet yang lebih tipis (dibanding tahun-tahun sebelumnya). Bagaimana mengatasi kebosanan sekaligus menemukan fokus yang baru?

Design Thinking

Beberapa pekan ini saya lagi berkutat dengan design thinking. Kerangka berpikir ini cocok banget untuk mendesain produk, layanan, atau apapun yang banyak digunakan oleh manusia.

In-Depth Interview 101

Tatkala mencari tips mewawancara narasumber rupanya masih sedikit ya di internet. Ada teori jurnalistik juga. Namun didominasi oleh tips wawancara kerja. Sebab itu, saya menuangkan temuan dan pikiran saya dalam tulisan ini.

Zoom Out

Jangan hanya fokus zoom-in doank. Iya, siy bikin fokus dan beres. Sesekali, lakukan juga zoom-out guna menggali makna dan kisah tersembunyi.

Locker Sterilizer

Current Situation Kita tidak bisa menghindari kontak dengan orang lain. Sekalipun sudah memakai masker dan menjaga jarak (social distancing). Kita bisa menjaga kesterilan tangan kita lewatrajin mencuci tangan dengan sabun. Misalnya setelah memegang gagang pintu, menyentuh tombol mesin ATM, dan…

Blog Analytics

Hasil mengobservasi rekan-rekan blogger, dikombinasikan dengan memahami parameter yang diberikan oleh Google Analytics, dan sedikit refleksi diri.

Air Purifier

Air Purifier adalah pemurni udara untuk ruang tidur atau ruang kerja. Dilengkapi dengan Ultraviolet-C, ozone generator, humidifier, dan bluetooth speaker. Dimensi 167x145x162 mm. Berat 0.946 kg.

Fakultas Ambil Hikmahnya

“Ikhwan tuh gak suka/cocok di jurusan ini. Tapi dia diam-diam aja.”, demikian gosip yang saya dengar. Hahaha. Bukan tipe gosip yang wajib saya klarifikasi siy, ya. Apalagi di channel YouTube-nya Mas Deddy yang tersohor itu. Itu mah cocoknya untuk yang…

New Normal

Akibat Covid-19, banyak hal di sekitar kita berubah dengan sangat cepat. Jangan cengeng, jangan lupa bersyukur. Mari beradaptasi dengan kenormalan yang baru ini.

Marketing to Gen Z

Milennial (atau disebut Generasi Y) lahir di antara tahun 1980 – 1994. Sedangkan, Generasi Z lahir di antara tahun 1995 – 2012. Milennial sudah memiliki anak; bahkan anak-anaknya sudah belajar di SD. Sedangkan Gen Z baru memasuki dunia kerja. Tulisan kali ini membahas tidak hanya bagaimana memasarkan kepada Gen Z yang kantongnya mulai tebal. Tetapi juga bagaimana bekerja bersama mereka di dunia kerja.

Lupa Lapar

Begitu melimpahnya makanan (di semua ruang dan waktu) sampai lupa bahwa ada mekanisme di mana menurunnya volume makanan di dalam perut yang kemudian mengirim sinyal ke otak bahwa kita sedang lapar. Ada juga sejarah awal mula lahirnya Lunch dibahas di sini.

Double Espresso

Kami sudah lama tidak bertemu. Seorang anak SD bahkan bisa menamatkan SMA selama kami tidak bercengkrama sama sekali. Di suatu sore yang mendung ini, kami bersepakat “reuni” lagi. Kurang pas disebut reuni. Karena hanya berdua, di tempat yang itu-itu lagi.…

Reflection on 2019 site analytics

Tahun 2019 adalah tahun pertama men-swasta-kan domain dan hosting. Tadinya masih negeri; alias menumpang ‘host’ di server gratis milik WordPress. Setelah setahun ini, ada sedikit angka, data, dan statistik lain yang bisa direfleksikan barang sejenak. Kita mulai ya. Sepanjang tahun…

How to treat writer’s block

Saya merasakan, dua kali menunda menulis dan nge-post tulisan, maka selanjutnya akan lebih malas lagi. That’s why ada blog yang berdebu dan bersarang laba-laba kan? (Lebay banget). Simpel. Karena sekali tidak nge-post, maka ghiroh untuk menulis juga menghilang. Perasaan excited…

Being a Husband

Being a husband is not only to work and bring money to your home for your wife and children (if any). But other than working, what else?

Membawa Anak Ke Kantor

Hari kemarin, anak-anak ikut ke kantor ayahnya. Kebetulan ibunya sedang butuh me-time sekalian bertemu teman lamanya. Bagaimana seharusnya perihal ajak-mengajak anak ke kantor ini?

Week-End

Akhir pekan (week end) adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang. Tidak terkecuali saya. Namun, bagaimana saya menghabiskannya sangat berbeda dengan orang kebanyakan. Simak di tulisan akhir pekan ini.

Passion is Overrated

Kurang lebih beberapa belas tahun lalu, passion dipandang sangat penting. Bahkan, nyaris segalanya dalam berkarya. Lewat tulisan ini, mari pelajari cara memvalidasi passion supaya kita tidak terjebak dengan eutopia olehnya.

The secret recipe of being successful introvert

Nothing's new. Sudah banyak artikel, jurnal, buku yang membahas seputar introvert. Kalau mau versi pendek, silakan baca post ini saja. One part talk about how we should behave to our self. Another part show how to extract the best from extrovert.

Jangan Fokus

Saya tidak antitesis dengan fokus ya. Bukunya Daniel Goleman saja belum dibaca. But, I have my own understanding about focus itself. It is: to not focus.

Teknologi untuk Penulis. Yay or Nay?

Teknologi berkembang pesat. Developer harus catch up terus. Sementara teknologi digital yang berkembang cenderung mudah digunakan oleh penulis. Padahal, pasar penulis kode berkembang lebih cepat dan besar. Bagaimana penulis sungguhan menyikapi ini?

Review Buku Filosofi Teras

Buku ini bagus banget untuk dibaca. Sudah cetak ulang 5-6 kali hanya dalam beberapa bulan sejak terbit perdana. Karena buku ini mengulas prinsip-prinsip sederhana perihal Filosofi Teras alias filosofi stoic.

Menyoal Bunuh Diri di Kalangan Muda

Dari risetnya Benny Prawira Siauw, 34,5% mahasiswa di Jakarta yang berusia 18-24 tahun, ingin bunuh diri. Jumlah respondennya 284 orang. Disebutkan di artikel tirto.id di sini: skripsi, depresi, dan bunuh diri: everybody hurts  Saya sudah beberapa bulan terakhir melihat fenomena…

Cara Menetapkan Tarif Freelance

Mungkin topik tarif freelance ini paling ditunggu-tunggu, ya. Haha. Saya pribadi, as penjual dan pembeli juga memberi bobot tinggi sama pricing ini. Sebagai konsumen, mau cocoknya kayak apa juga, kalo gak sesuai budget bisa batal beli. As penjual, saya juga…

Netiquette dan Cyberbullying

Netiquette berarti internet+etiquette. etiket (dari kata etiquette) adalah peraturan/norma yang mengatur apa yang secara sosial dapat diterima. Ini memang tergantung nilai-nilai yang dianut oleh kelompok sosial tersebut. sekarang, di dunia internet kita berbicara dengan manusia ‘kan? maka, apakah kamu akan…

Review Blog Anak Dagang

Selain menjadi blogger professional, ada cara lain lho untuk mengembangkan blog kamu. Kalau yang saya ulas sebelumnya berfokus ke niche tertentu, maka cara lain yang akan kita bahas kali ini yaitu dengan merambah topik-topik lainnya. Alias, scope blog-nya meluas menjadi…

Kapan Sebaiknya Kuliah S2?

(artikel ini saya sharing berdasar cerita kawan-kawan saya ketika mengambil program s2) Lulus S1, bekerja, kuliah S2 reguler. Bosan dengan pekerjaan, jadi salah satu alasan para early jobber mengambil program s2. Alasan lain adalah kangen kembali ke kampus dan pergi belajar. Dan beberapa alasan lainnya.…

Beda Marketing di Banking vs FMCG

Dalam 7 hari terakhir ternyata ada yang mampir ke blog ini karena mencari tahu tentang “perbedaan marketing perbankan dan FMCG”. Fast Moving Consumer Goods. Kita coba ulas sedikit ya 🙂 Marketing Perbankan Di perbankan, pelanggan (nasabah) dibagi menjadi nasabah perorangan/ritel…

Freelance: Menyikapi Kepergian Klien

Tulisan ini seharusnya dirilis dan di-congkak-kan (baca: dipamerkan) pekan lalu. Di saat komunitas 1M1C sedang sibuk dengan minggu tema “kehilangan”. Ada yang menuliskan momen-momen kehilangan masa santay-nya karena datang masa sibuk-nya yang warbiyasak pasca melahirkan. Alhamdulillah ya, dapat amanah baru…

Balance in Remote Work Life

Masih soal remote working. Atau kerja jarak jauh. Apa sih, bedanya? Jelas beda donk. Remote working is in english. Kalo kerja jarak jauh itu bahasa Indonesia. Ok? Sip 😀 Bekerja di luar kantor pada umumnya, memang bisa meningkatkan produktifitas. As…

From Marketer to UX Designer

Produk yang bagus itu, salah satu kriterianya adalah tidak perlu dipasarkan. Tidak perlu di-branding oleh tim marketer, enggak perlu di-push sedemikian rupa oleh orang-orang sales. Gak butuh diskon yang sedemikian rupa juga, supaya calon pembeli mau mengambil, membayar lalu menggunakannya.…

Remote Working from Coffee Shop

Rutinitas pekerjaan di kantor kadang membuat suntuk. Pekerjaan yang itu-itu saja menuntut kebaruan. Padahal target tidak pernah surut, deadline pantang mundur menghindari kita. Demi selesainya pekerjaan dan target, satu “pelarian” kita adalah coffee shop terdekat. Kafe Upnormal, misalnya. Singkat cerita,…

Demand Executive

Posisi Demand Executive ini ada di perusahaan Grab. Posisi ini bukan di kantor pusat. Artinya, tiap daerah/wilayah/kantor cabang mengelola “demand” nya masing-masing. Berarti bekerja sama untuk memasarkan aplikasi mobile Grab agar permintaan (demand) penggunannya semakin meningkat. Berarti juga mengumpulkan, mengelola,…

Proyek Freelance Pertama Saya

Saya hampir lupa proyek freelance pertama saya. Sebab saya ketika kuliah memang beberapa kali mendapat -ehm- penghasilan. Mulai dari menang lomba menulis essay ketika tingkat dua. Investasi (alias main duit untuk mendapat duit) ke teman GAMAIS yang sedang bikin proyek…

Strategi Instagram Marketing Tahun 2019

Instagram (IG) makin mantap menempati posisinya sebagai social media yang paling engaging, menurut saya. Hootsuite menyatakan 1 milyar orang di dunia memiliki akun IG. Lima ratus juta di antaranya menggunakan IG setiap hari. Bagaimana dengan Indonesia? Pengguna aktifnya ada 59…

Mari Bicara Sastra Kontemporer

Raditya Dika Novel Kambing Jantan. Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh. Sesuai tagline-nya, sebenarnya ini hanyalah kehidupan anak sekolah biasa. Yang luar biasa adalah, bagaimana penceritaan oleh penulis sehinggal lucu, konyol, dan kocak. Awalnya Kambing Jantan adalah sebuah blog yang kemudian dibukukan…

10 Bulan Sejak Rilis AADC?2

Sudah 10 bulan sejak AADC 2 dirilis. Dan saya masih terlalu takut untuk menonton AADC?2. Sebab saya terlalu takut untuk kecewa. Karena segala tentang film ini sudah melekat di benak dan perasaan saya. Mulai dari karakter Rangga yang cuek, introvert,…

Gotham and Storytelling

Belakangan ini saya rajin mengunduh dan menonton serial “Gotham“. Sekarang sudah 9 episodes. Ratingnya lumayan lho, 8.2 dari total 10. Artinya, banyak yang suka. Terkait hal ini, saya punya duga-dugaan yang belum terkonfirmasi ke para pemirsa yang sebenarnya. Yah, tapi…

Area Sales Champion

Pertumbuhan usaha bisnis lewat pengembangan dan perluasan wilayah pemasaran tidak selamanya berjalan mulus. Salah satu kuncinya ada di tangan para Area Manager. Posisi inilah yang menjadi ujung tombak pemasaran dan penjualan di wilayah-wilayah. Bisa dikatakan, mereka adalah segelintir orang yang…

Jenis-Jenis Pemasaran

Sejumlah mahasiswa bertanya pada dosennya tentang arti dari beberapa istilah dalam dunia marketing. Agar lebih mudah dipahami ia menjelaskannya dengan sejumlah analogi: 1. Ada gadis cantik di sebuah pesta. Kamu mendatanginya dan langsung bilang, “Saya orang kaya. Nikah sama saya,…

Sales for Dummies

Pertumbuhan omzet usaha ditentukan dua hal: (1) brand asset dan (2) sales management-nya. Untuk meraih keduanya, fungsi tersebut dijalankan oleh (1) marketing dan (2) sales. Aktivitas yang harus dilakukan namanya (1) branding dan (2) selling. Sudah sedikit diulas juga di tulisan prekuel…

Why Join Community

Salah satu komunitas yang saya ikuti adalah komunitas blog SatuMingguSatuCerita Pernah nge-test ikut komunitas lain yang lebih offline. Namanya CSWC (CS Writer’s Club).  Setelah sekali datang, gak pengen datang lagi. Pertama, karena akan pulang malam. At least jam 9 malam. Kedua,…

Menulis Untuk Diri Sendiri

Yang baca tulisan ini mungkin seorang sarjana, mungkin juga sedang menempuh Pendidikan (alias masih mahasiswa/anak sekolah). Sudah biasa menulis, terutama di sekolah. Karena kita belasan tahun belajar (membaca dan menulis), sudah seharusnya menulis adalah sesuatu yang bisa kita lakukan. Logika…

11 Kesalahan Blogger Pemula

Anda yang membaca postingan ini pastinya beruntung sekali. Saya dulu meraba-raba bagaimana meningkatkan kemampuan saya dalam blogging. Saat itu referensinya belum banyak. Nah, harapan saya adalah tips menulis blog ini bermanfaat untuk kamu para blogger pemula. Kurang fokus pada tujuan…

6 cara konsisten nge-blog

Di bawah ini ada 6 cara supaya sukses konsisten nge-blog. Cara (1), (2) dan (3) udah jadi saran yang banyak banget. Dan itu tetap “koentji” utama supaya bisa konsisten nge-blog. Saya coba tambahkan 3 cara yang lain ya di cara (4), (5),…

Apa Itu Profesional Blogger

Akan datang saat di mana media massa tidak lagi dikonsumsi sebagai sumber berita yang paling dominan. Saat di mana surat kabar mengalami penurunan jumlah cetak produksi per harinya. Saat di mana berita televisi mengalami penurunan jumlah penontonnya. Saat di mana…

Cara Mendapatkan Buku yang Bagus

Sedari pertama saya saya mengenal dan suka membaca buku, saya sering tertipu dengan judul buku. Saya kira bukunya tentang A, ternyata isinya tentang B. Padahal di Indonesia, tidak pernah ada yang namanya garansi uang kembali. Ada buku yang judulnya –katanya–…

Membersamai Anak-Anak

Lewat tulisan ini saya ingin berargumen bahwa anak-anak itu jangan diproteksi. Intinya, ada batas dalam memproteksi anak-anak. Daripada diproteksi habis-habisan, mungkin lebih baik kita membersamai anak-anak. Kendali atas TV dan Smartphone Kita mulai dengan yang punya pengaruh kuat di rumah-rumah:…

Memosisikan Anak sebagai Pribadi Dewasa

Semalam, Muzakki bertanya ke saya. Kami masih di masjid “biru”. Bertiga dengan adiknya. Muzakki bertanya, “kok Pak Alim berdoanya, Waqinaa adzaa ban-naar?” Alhamdulillah, ibunya rutin mengajak dan membiasakan berdoa sebelum makan. Mungkin Zakki heran dan bertanya, kok di masjid doanya…

Belajar dari Sepuluh Cucu

Selama puluhan tahun hidup di dunia, saya pernah berkesimpulan dan berkeyakinan bahwa belajar itu harus dari expert-nya. Percuma, sama-sama belajar dari yang bahkan belum tahu sedikit pun. Alhamdulillah, belasan tahun sekolah bisa belajar di sekolah-sekolah yang fasilitasnya oke. Tahu sendiri,…

Tentang Maaf Memaafkan; Belajar dari ZaWa

Keduanya sama-sama ganteng. Masing-masing punya fans tersendiri. Ibarat penggemar musik, mungkin ada fans yang suka dua atau lebih sekaligus. Tapi tentu saja hanya ada satu musisi/band yang selalu di hati. Zakki itu gempal. Tampak lebih besar dengan pipi yang chubby.…

Apa Iya Kamu Mau Menikah?

Jangan-jangan lebih menarik S2 daripada menikah? Saya ini orangnya suka membanding-bandingkan. Bukan untuk tujuan menilai negatif pada orang lain. Sekedar hobi meriset saja. Memikirkan yang mungkin belum tentu dipikirkan oleh orang lain. Kaitannya dengan menikah, judul di atas hanya untuk…

Perempuan Pekerja

Belakangan saya mengalami diskursus tentang perempuan (yang) bekerja. Memang wacana ini memang sedang sering hinggap di telinga saya. Ada banyak sebab dan alasan yang bisa kita diskusikan bersama. Tentang mengapa dan bagaimana fenomena ini terjadi. Memang mau berkarir. Biasanya ini…

Hierarki Pengelolaan Keuangan

Diskusi saya dengan teman SMA di weekend lalu berakhir pada pemodelan dalam artikel ini. Dia, sama seperti saya, sudah melewati masa-masa early jobber. Kami sudah lebih paham pengelolaan keuangan dibanding masa-masa awal bekerja dulu. Tentu, apa yang bagaimana pemahaman dan…

Penerjemah dan Editor Lepas

Tidak seperti yang disangka oleh kebanyakan orang, dunia penerjemahan sebenarnya sangat luas. Industri penerjemahan tidak hanya ada dalam industri penerbitan buku, melainkan juga di bidang lain seperti televisi, film layar lebar, dokumen hukum dan perusahaan, sebagai juru bahasa (interpreter), dan…

Sukses Promosi ala Freelance Marketing

Meta deskripsi: Istilah freelance marketing bukan hal asing di dunia digital. Tapi tidak banyak yang benar-benar tahu, apa freelance marketing sebenarnya. Beberapa dekade silam, istilah freelance marketing mungkin tidak terlalu bergaung di Indonesia. Tetapi sejak tingkat pengetahuan soal teknologi dan…

Haruskah Pekerjaan Freelance Diteruskan?

Sekarang ini, di waktu reguler saya bekerja di kantor. You know, lha. Pagi sampai sore. Senin sampai Jumat. So, I can do the father-ing activities pretty much. Sebelum di kantor sini, saya sempat bekerja freelance. Cukup lama, kalau saya bandingkan…

Berapa fee untuk freelancer?

Pekerjaan freelance itu dilakukan oleh individu, bukan institusi. Namanya juga pekerja lepas ya. Selain individu, bisa juga mengajak sekelompok orang untuk menjadi freelancer pada suatu pekerjaan. Intinya adalah sebuah pekerjaan dilakukan oleh pihak eksternal yang bukan merupakan institusi. Ikatan kerjasamanya…

5 Saran yang Tidak Bisa Diabaikan Freelancer Pemula

Di postingan sebelumnya saya sempat menyampaikan sedikit cerita tentang saya. Hehe. Sedikit narsis boleh dong ya 😀 Sekarang saya ceritakan terkait babak baru yang saya jalani. Terkait ini, artikel pendahuluannya adalah menghitung fee untuk freelance. Bagi kamu para mahasiswa yang sudah…

Kesulitan Kerja Remote

Blogpost ini diinspirasi dari blogpost Pak BR tempo hari. Linknya di sini. Habis ngasi komen di sana, langsung kepikiran untuk bikin blogpost sejenis. So, kesulitan kerja remote tersebut masih ada hubungannya dengan produktivitas. Kapan hari sempat saya ulas di sini…

Pilih Manajemen Keuangan atau Manajemen Pemasaran

Dalam artikel terdahulu, saya menyampaikan alasan-alasan mengapa memilih program studi manajemen. Lalu, setelah sudah di dalam, kamu mau fokus ke konsentrasi yang mana? Pertimbangannya bisa karena (1) apa yang kamu sukai, atau (2) bidang pekerjaan yang ingin kamu tekuni nanti.…

Freelance Marketing

Is she/he a freelance marketing?  Tanyakan saja dia terikat kontrak/pekerjaan dengan pemberi produk/jasa yang harus dia jual. Kalau dia terikat, berarti dia bukan freelance. Biasa disebut juga sebagai pegawai organik. Keuntungan paling utama di perusahaan dalam mempekerjakan para freelancer marketing…

Segmenting-Targeting-Positioning

Salah satu yang mencirikan ilmu manajemen sebagai ilmu pengelolaan adalah bagaimana meningkatkan efisiensi dalam proses. Salah satu yang biasa didengung-dengungkan adalah fokus pada apa yang dilakukan saja. Contohnya perusahaan distribusi seperti PT. Tigaraksa Satria. Agar bisa mengembangkan usaha distribusi produknya,…

Kapan Sebaiknya Kuliah S2?

(artikel ini saya sharing berdasar cerita kawan-kawan saya ketika mengambil program s2) Lulus S1, bekerja, kuliah S2 reguler. Bosan dengan pekerjaan, jadi salah satu alasan para early jobber mengambil program s2. Alasan lain adalah kangen kembali ke kampus dan pergi…

Sales Supervisor

Kriteria penting untuk menjadi area sales manager adalah mampu mengelola tim. Mampu berhubungan baik dengan anggota tim dan mampu memotivasi kinerja mereka. Sesekali harus menyediakan waktu untuk melakukan visit kepada customer. Di samping untuk mendengar langsung masukan dari pelanggan, serta…

Padi Reborn, Piyu, dan Jualan Musik Jaman Now

Tepat pada 10 November 2017 lalu, Band Padi dilahirkan kembali dengan nama Padi Reborn. Padi ini band masa kecil saya. Sekitar kelas 6 SD saya sering dengar lagu Sobat di radio. Waktu itu kami masih dengar musik dari kaset. Tapi…

Mengapa Memilih Marketing

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh teman-teman yang bertanya-tanya mengenai karir di bidang pemasaran (marketing). Dan dia membutuhkan pandangan yang komprehensif sehingga yang bersangkutan dapat mengambil keputusan dengan bijak. Yang berwarna merah saya tambahkan pada tanggal 25 november 2017.  Ada tiga pihak…

Kerja Efisien dengan Digital Tools

Kalau sebelumnya saya menulis soal produktifitas, sekarang ingin menulis soal efisiensi. Belakangan ini pikiran saya selalu soal efisiensi. Jadi, tetap mengejar target-target yang sudah direncanakan Hanya saja, berusaha meminimkan sumber daya yang ada. Minimkan Sumber Daya Target semisal di toko…

4 Masalah Pemasaran Usaha Kecil

Belum lama ini saya membantu beberapa UKM dalam menyusun rencana aktivitas branding mereka. Para peserta tersebut beruntung mengikuti Kelas Keterampilan milik Komunitas Memberi. Sekarang sudah ada 2 angkatan “Memberi Go Global”. Teaser: Kamu bisa mendaftar ke website Komunitas Memberi untuk ikutan Kelas…

Positioning-Differentiation-Branding

Pada tulisan sebelumnya, saya membahas tentang segmenting-targeting-positioning. Sekarang tentang PDB (positioning, differentiation, branding). Kalau menurut pak hermawan kartajaya, marketing itu ya dasarnya cuma tiga kata di atas: yang jadi judul artikel ini: positioning-differentiation-branding. Positioning artinya, bagaimana merek usaha/personal diposisikan dalam…

Pesantren Modern dan Cahaya Cinta Pesantren

Saya tidak cukup yakin bahwa kita semua yang bertempat tinggal di Indonesia, paham mengenai institusi pesantren, serta bagaimana sebenarnya pesantren sudah sangat dekat (tidak hanya kedekatan jarak) terhadap keseharian kita. Berawal dari kebutuhan “cangkul-mencangkul” di “sawah”, akhirnya saya terdampar untuk…

Seluk-Beluk Freelance Marketing

Institusi bisnis mempekerjakan freelance marketing tentu ada latar belakang dan tujuannya. Baik itu yang berfungsi untuk menjual (yaitu, sales) maupun membangun brand (marketing). Tentu saja, pengisi posisi freelance marketing tersebut harus menjawab tujuan dan tantangan pemberi kerjanya. Dia harus berkompeten/jago…

Kunci Sukses Area Sales Manager

Area sales manager. Kunci sukses adalah key of success. Hehehe. Guyonan lama. Dalam bahasan kita kali ini, industri paling ekstrim yang kita jadikan kiblat adalah FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Beda produk, maka detil-detil kunci suksesnya akan berbeda lagi. Area Sales…

Exit mobile version